Mana Lebih Kuat Saat Jatuh: Samsung Galaxy S6 Edge atau iPhone 6

By on April 8, 2015
2.Mana Lebih Kuat Saat Jatuh Samsung Galaxy S6 Edge atau iPhone 6.3

Persaingan yang terjadi di antara duo vendor smartphone raksasa yaitu Samsung dan Apple di sektor perangkat mobile tentunya sudah menjadi sebuah rahasia umum. Kedua vendor tersebut sering sekali bersaing di bursa smartphone melalui produk smartphone unggulan yang mereka buat.

Samsung Galaxy S6 Edge dan Apple iPhone 6 adalah produk unggulan yang ditawarkan oleh masing – masing perusahaan teknologi terkemuka di dunia tersebut. Beragam keunggulan mulai dari spesifikasi, desain, hingga fitur yang disuguhkan oleh kedua perangkat tersebut dapat dikatakan sangat bersaing.

Bahkan serangkaian uji jatuh juga dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat kedua produk smartphone flagship dari pabrikan Samsung dan Apple tersebut. Pengujian tersebut dilakukan oleh kelompok yang mempunyai akun Everything ApplePro pada YouTube channel yang dikutip dari laman Phone Arena.

Uji jatuh itu dilakukan secara bertahap dengan ketinggian yang berbeda – beda mulai dari ketinggian 1 meter sampai maksimal ketinggian 10 kaki maupun pada sisi – sisi yang terdapat pada handset. Pada tes yang pertama yaitu pada ketinggian 1 meter, baik smartphone Samsung dan Apple masih terlihat tidak mengalami masalah apapun.

Kemudian tes dilanjutkan ke level yang berikutnya di mana kedua smartphone tersebut dijatuhkan dari ketinggian kepala orang dewasa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sekuat apa jika smartphone tersebut jatuh saat penggunanya sedang menelepon. Pada ketinggian tersebut, kedua smartphone ternyata masih cukup kuat. Selain itu smartphone juga tidak banyak mengalami goresan.

Samsung Galaxy S6 Edge

Pengujian yang ketiga dilakukan pada ketinggian 10 kaki. Pada pengujian tersebut smartphone iPhone 6 ternyata langsung mengalami kerusakan pada bagian kameranya namun layar dan aluminiumnya masih terlihat tidak mengalami masalah. Sementara itu Samsung Galaxy S6 Edge yang mendarat pada bagian belakang terlihat tidak mengalami goresan maupun kerusakan apapun.

Uji jatuh yang selanjutnya dilakukan untuk mengetahui kekuatan dari layar dengan ketinggian yang sama. Pada saat pertama dijatuhkan dengan ketinggian 1 meter, iPhone 6 langsung mengalami gangguan sedangkan Galaxy S6 Edge masih utuh.

Yang terakhir, perangkat iPhone 6 mengalami kerusakan parah pada bagian layarnya, bahkan sampai menganga meskipun masih tetap mampu bekerja dengan baik. Sementara itu, Galaxy S6 Edge hanya mengalami kerusakan pada bagian atasnya tetapi masih tetap dapat bekerja dengan baik. Smartphone Samsung ini mengalami kerusakan pada bagian atasnya tetapi tetap tidak mengganggu pemandangan yang muncul di layar smartphone.

Bahkan, di sisi belakang juga tidak terdapat kerusakan yang berarti. Ini disebabkan karena perlindungan lapisan Gorilla Glass 4 dari Corning yang disematkan pada smartphone flagship terbaru Samsung ini.

Masih belum puas dengan uji jatuh, para penguji dua handset tersebut juga melakukan tes bonus yaitu dengan menggilas kedua ponsel ini dengan mobil berkecepatan sedang. iPhone nampak sudah tidak menyala lagi. Sementara itu, Samsung Galaxy S6 Edge ternyata masih dapat menyala dan mampu bekerja dengan nomal walaupun bentukya rusak parah.

Samsung Galaxy S6 Edge

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *