Malware Pencuri Kartu Kredit

By on June 14, 2015
3. Malware Pencuri Kartu Kredit 2

Yang bisa mencuri kartu kredit bukan hanya manusia namun juga sebuah malware. Sebuah program kecil  yang mempunyai kemampuan hebat mencuri segala macam bentuk informasi digital melalui internet, termasuk informasi mengenai kartu kredit Anda. Hal ini telah menjadi suatu masalah yang sangat rumit yang dimulai sejak manusia mempergunakan internet sebagai alat bertransaksi di dunia maya.

Masalah ini semakin rumit setiap tahunya karena banyak orang dengan mudahnya memberikan informasi data pribadi mereka dan juga kartu kredit mereka saat bertransaksi di internet. Tak hanya itu, mereka juga sering kali mengirimkan foto KTP dan scan kartu kredit hanya demi mendapatkan sebuah pinjaman lunak yang dijanjikan lewat internet. Hal tersebut sangat berbahaya dan sangat tidak disarankan karena jika data Anda tercuri maka tagihan kartu kredit Anda bisa dipergunakan oleh orang lain.

Kenapa begitu? Karena dengan mencuri data-data, pencuri tahu nama asli Anda, berikut alamat rumah, nomor telepon, rekening dan bahkan data kartu kredit Anda. Tentunya dengan info tersebut, tak hanya kartu kredit Anda yang bisa disalahgunakan, bahkan tabungan Anda bisa saja ikut dikuras sang pencuri. Tak hanya itu, jika informasi yang dicuri dipergunakan untuk berbuat kejahatan, maka andalah yang akan menanggung akibatnya.

Oleh sebab itu Anda perlu waspada dengan malware yang kemungkinan besar telah menjangkiti komputer atau peralatan gadget Anda. Jangan sembarangan memasukkan data-data sensitif ke internet, karena bisa saja data Anda dicuri. Apalagi saat ini baru saja ditemukan sebuah malware dengan nama MalumPos. Malware ini mampu membobol keamanan suatu perusahaan, khususnya Sistem Point of Sale atau PoS.

Malware  yang ditemukan oleh Trend Micro ini sungguh berbahaya karena malware ini bekerja dengan mencegat dan mencuri data PoS ketika dipergunakan pada sebuah alat komputasi yang mempergunakan Oracle MICROS. Alat-alat dengan platform ino banyak diperguhnakan pada perusahaan  yang menjalankan bisnis hotel, restauran, dan juga ritel. Cara kerja Malware ini dengan cara masuk ke sistem komputer dan menginfeksi RAM yang dipergunakan.

Bahkan tanpa Anda memasukkan info kartu kredit ke internet, data Anda bisa tercuri, yaitu pada saat Anda menggesekan kartu tersebut ke EDC. Pembacaan dari EDC yang seharusnya dipergunakan untuk verifikasi di komputer kasir, bisa tercuri dan langsung diupload ke server pencurinya. Setelah tercuri, info tersebut akan dipergunakan untuk menduplikat kartu kredit tersebut atau dipergunakan untuk berbelanja secara online dan Anda yang akan menerima tagihan.

Untuk menanggulangi Malware ini, TrendMicro telah memberikan update untuk memindai malware yang dianggap sangat berbahaya ini. Bahkan malware ini bisa menyamar menjadi program NVidia Display Driver. Oleh sebab itu berhati-hatilah saat mempergunakan kartu kredit Anda di semua tempat.

Kartu Kredit

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *