Malware Android Pencuri SMS dan Mencegat Panggilan Telephone

By on January 23, 2014
3. Malware Android Pencuri SMS dan Mencegat Panggilan Telephone 1

Semakin hari semakin banyak gadget android yang beredar di masyarakat. Bisa Anda lihat di sekeliling Anda setiap orang tua dan muda pasti memegang paling tidak satu gadget berbasis android. Gadget yang mereka pegang bisa berharga beberapa ratus ribu sampai berharga puluhan juta rupiah. Namun apapun jenis gadget mereka, ponsel cerdas itu tidak sepenuhnya aman karena ada banyak sekali malware-malware android yang berbahaya baik bagi ponsel maupun lalulintas data didalamnya.

Salah satu malware yang baru-baru ini ditemukan adalah malware android pencuri sms dan mencegat panggilan telephone. Malware berbahaya ini diketemukan oleh salah satu peneliti dari perusahaan FireEye. Dikatakan bahwa malware ini dibuat oleh seseorang yang sangat pandai dan ditujukan untuk mencuri sms yang dikirimkan dan juga mencegat setiap panggilan masuk.

Peneliti keamanan tersebut berkata bahwa malware ini akan menginfeks sebuah perangkat android dengan notifikasi Update Keamanan atau Security Update. Jika sebuah gadget android telah terinfeksi maka yang akan terjadi adalah malware tersebut menghubungkan diri dengan server command dan control yang telah disiapkan oleh penyebar malware tersebut

 malware, android, smartphone, virus,

Jika sudah terhubung maka yang akan terjadi adalah malware tersebut memantau sms masuk dan mengekstrak nomer pengirim tersebut dan mengirimnya ke server yang telah dipersiapkan. Setelah itu server tersebut mengirim balik ke malware android pencuri sms dan mencegat panggilan telephone yang sudah menginfeksi android dan selanjutnya mencegat semua sms yang masuk sehingga Anda tidak akan pernah menerima sms apapun dari siapapun.

Selain itu nomor yang dikirim tadi juga menyebabkan semua panggilan yang masuk ke ponsel Anda juga dibajak. Caranya adalah dengan men- “Silence” setiap panggilan yang masuk atau bahkan me-“reject” panggilan tersebut. Hal ini tentu saja sangat merugikan Anda. Apalagi jika Anda adalah seorang pebisnis  maka malware ini bisa membawa kerugian yang sangat banyak bagi Anda. Bayangkan saja jika Anda sedang menanti sebuah telepon dari rekan bisnis Anda tentang proyek puluhan milyar rupiah namun telephone tersebut tidak pernah ada.

Untuk malware android pencuri sms dan mencegat panggilan telephone belum banyak ditemukan karena masih baru namun suatu saat malware ini akan menyebar dengan cepat dan membuat banyak kerusakan dan kerugian. Untuk itu jika gadget Anda terinfeksi oleh malware yang berbahaya ini maka yang sebaiknya Anda lakukan adalah menscan gadget Anda dengan anti virus terbaru untuk memblok gerakan malware ini. Selain itu hapuslah folder atau file-file yang berkaitan dengan malware tersebut.

Untuk pencegahan sebaiknya Anda tidak sembarangan melakukan update atau mendownload applikasi dari sumber-sumber yang tidak terpercaya. Download hanya dari situs resmi Google Play Store dimana keamanan aplikasi lebih terjamin.

malware, android, smartphone, virus,

BACA JUGA:

Yahoo Semakin Memperlebar Sayap Dengan Mengakuisisi Aviate

Mari Simak Spesifikasi Samsung Galaxy Y Neo (GT-S5312)

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *