Luar Biasa, Intel Luncurkan Komputer Dual OS (Windows feat. Android)

By on January 7, 2014
3. Luar Biasa, Intel Luncurkan Komputer Dual OS (Windows feat. Android) 1

Luar biasa, kini ada produk baru dari Intel di mana Intel telah berhasil menciptakan perangkat komputer super canggih yang memiliki dua sistem operasi sekaligus. Sistem operasi yang diaplikasikan adalah Windows dan Android. Untuk menciptakan inovasi ini, Intel bekerja sama dengan beberapa produsen komputer terkenal. Kedua belah pihak ini kemudian menciptakan sistem operasi terbaru yang dirancang dapat menjalankan dua jenis sistem operasi dalam satu waktu. Rencananya mahakarya teknologi ini akan dipamerkan dalam sebuah ajang pameran komputer yang bernama Computer Electronics Show 2014 yang akan diselenggarakan di Las Vegas, U.S. dari tanggal 7 Januari hingga 10 Januari 2014 mendatang.

Dilansir dari The Verge, Ide inovatif dari Intel ini muncul saat Intel menguji-cobakan sistem operasi Android yang dijalankan dalam sistem operasi Windows dengan menggunakan teknik/ metode virtualisasi. Para pengguna dapat mengoperasikan aplikasi-aplikasi Android  dan aplikasi-aplikasi Windows sekaligus tanpa harus melakukan reboot komputer mereka. Program penggabungan dua sistem operasi ini ternyata sebelumnya sudah pernah dilakukan oleh Samsung. Sebuah produk laptop dengan nama laptop Ativ Q adalah hasil karya Samsung yang dibekali dengan fitur layar sentuh. Taiwan melalui perangkat Asus-nya juga menjadi karya yang jauh lebih dulu ada.

intel, komputer dual os, windows, android

Namun sayang ada kabar yang kurang sedap yang mengatakan bahwa rencana Intel untuk memamerkan karya terbarunya kurang mulus. Pasalnya Microsoft yang tak lain adalah pemilik Windows kurang setuju apabila sistem operasinya dikombinasikan dengan sistem operasi Android. Alasan utama Microsot menolak ide ini adalah karena Microsoft memiliki rencana lain berkaitan dengan sistem operasi Windows-nya. Microsoft ternyata berkeinginan akan menggabungkan dua sistem operasi miliknya, yaitu Windows dan Windows Phone. Tujuan penggabungan dua sistem operasi Windows ini adalah untuk menyatukan toko yang menyediakan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada kedua Windows. Ide utama dari Microsoft tampaknya cukup menarik. Setiap aplikasi di salah satu Windows baik Windows maupun Windows Phone diharapkan dapat juga beroperasi di perangkat Smartphone dan juga perangkat komputer. Dengan adanya rencana yang sama dari Intel (rencana penggabungan Windows dengan Android) dapat mengancam dan akan merusak rencana besar Microsoft.

Microsoft memiliki kuasa untuk meminta para produsen komputer dunia untuk membatalkan rencana Intel yang inginkan penciptaan perangkat komputer dengan double sistem operasi (Android dan Windows). Di sisi lain Intel tampak bekerja keras memaksimalkan berbagai aplikasi yang terdapat pada Android agar dapat bekerja dengan baik dengan basis processor X86 yang memang dirancang khusus untuk double OS/ sistem operasi. Sebagian besar aplikasi pada sistem operasi Android dibuat optimal untuk jenis prosessor tertentu saja khususnya processor dengan basis arsitektur ARM. Kita lihat saja nanti, perangkat komputer apa yang akan dirilis, apakah dual OS versi  Intel atau Microsoft.

intel, komputer dual os, windows, android

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *