Level Ilmu Desainer Apple dan Xiaomi Sebanding?

By on January 1, 2015
Xiaomi-mi4-official-image-3

Gak tahu sebagai cibiran atau memang sebuah pujian, kita kerap mendengar Xiaomi selalu dikatakan sebagai Apple of China. Kalau disebut-sebut sebagai cibiran, tentu ini sangat wajar mengingat produk besutan Xiaomi selalu memiliki banyak sisi kemiripin dengan desain produk yang ditelurkan oleh Apple. Baik itu di ranah samrtphone, ataupun gadget lainnya.

Jika julukan tersebut tersemat sebagai pujian, hal ini pun sangat wajar, mengingat Xiaomi bisa diibaratkan sebagai bayi ajaib, dimana dalam produsen yang tergolong amsih hijau ini justru mampu melesat dan mampu meninggalkan pesaingnya, baik itu di sisi penjualan, inovasi teknologi terbaru atau bahkan produktifitas perangkat.

Seperti yang dilansir dalam laman The Verge, selama ini banyak tudingan yang ditujukan kepasa Xiaomi telah menyontek Apple. Saking hebohnya, bahkan kedua belah pihak pun ikut mengomentari cibiran ini, baik dari pihak eksekutif Xiaomi ataupun dari pihak Apple.

Dalam ajang Vanity Fair Summit, yang digelar pada bulan Oktober lalu, desainer Apple Jony Ive mengomentari jika Apple dan Xiaomi tidak memiliki kemiripan apapun, walaupun selama ini Xiaomi disebut sebagai Apple of China. Lebih jauh lagi, Ive mengatakan jika apa yang dikatakan masyarakat kepada Xiomi bukanlah sebagai pujian.

“Pada saat anda melakukan sesuatu untuk pertama kalinya, dan anda tidak mengetahui apakah ini akan berhasil atau tidak, sampai akhirnya anda akan menghabiskan waktu 7 sampai 8 tahun untuk mengerjakan hal tersebut. Tapi kemudian hasil kerja tersebut dicontek dengan mudah. Saya rasa ini sangat jelas kalau itu merupakan sebuah pencurian dan kemalasan,” kata Ive.

Disebut sebagai pencuri yang malas, Eksekutif Xiaomi pun berang. Lewat Global Vice President Hugo Barra, Xaiomi membantah tuduhan tersebut. Bahkan Hugo mengatakan jika dirinya sudah menyatakan Xiaomi tidak menyontek sejak bulan Juni 2014 lalu. Lebih lanjut lagi, Hugo menilai jika tudingan tersebut hanya tindakan orang yang mencari sensasi saja.

“Kalau anda memiliki dua desainer dengan kemampuan yang sama, sangat wajar kalau akhirnya mereka mencapai sebuah kesimpulan yang sama terhadap rancangan sebuah produk”. Lanjut Bara. Dengan kata lain, lewat penyataan ini Hugo menjelaskan jika Desainer XiaomLevel Ilmu Desainer Apple dan Xiomi dengan Desainer Apple berada dalam level ilmu yang sama.

Terlepas dari perang urat saraf kedua perusahaan ini, harus diakui jika Xiaomi sekarang ini sedang tumbuh besar. Bahkan baru-baru ini perusahan Tiongkok tersebut baru saja mendapatkan suntikan dana segar senilai 1,1 Milyar Dollar AS. Dengan modal yang melimpah ini, Xiaomi pun didaulat sebagai start-up termahal dunia.

Apple Vs Xiomi

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *