Layanan Indosat Ngadat Karena Pembajakan Prefix Internet

By on April 5, 2014
SONY DSC

Beberapa hari terakhir layanan Indosat ngadat di beberapa tempat terutama Jabodetabek dan menyebabkan banyak orang kecewa karena segala macam komunikasi mereka terputus. Gangguan yang dialami Indosat ini tidak hanya pada lali lintas suara namun juga sms dan data internet. Praktis semua perangkat yang tersambung ke Indosat tidak dapat dipergunakan untuk berkomunikasi. Matinya layanan Indosat ini tidak hanya terjadi beberapa menit namun sejak malam sampai siang harinya belum ada tanda-tanda bahwa koneksi ke Indosat bisa dipergunakan kembali.  Banyak orang yang bertanya kenapa perusahaan komunikasi sebesar Indosat bisa ambruk karena gangguan semacam itu.

Konfirmasi yang dilakukan kepada pihak Indosat tidak menghasilkan kejelasan apapun karena semua petinggi Indosat hanya menjawab bahwa memang sedang ada gangguan dan sedang diperbaiki oleh pihak mereka. Informasi yang bisa mereka berikan adalah bahwa sedang ada “Flooding Traffic” atau banjir lalu lintas data yang membebani sistem di server Indosat dan membuatnya tumbang. Namun beberapa sumber diluar Indosat memberikan pernyataan yang mengejutkan bahwa telah terjadi pembajakan Prefix internet oleh server Indosat yang membuat Indosat kelebihan beban.

harga ipad, layanan indosat, indosat, ngadat, prefix internet

Pernyataan ini disampaikan oleh BGPmon, sebuah situs yang memonitor lalu lintas internet dan mereka mendapati ada keanehan di Jaringan Indosat yaitu adanya banjir trafik yang melewati sistem Indosat, yang tidak saja menumbangkan jaringan Indosat namun juga mengganggu lalu lintas data internet dunia. Biasanya Indosat hanya menyediakan sekitar 300 prefix internet yang berupa gabungan dari alamat IP individual namun pada saat layanan Indosat ngadat, ternyata jumlah prefix Indosat menjadi 415.652. Dengan pembajakan tersebut seolah-olah Indosat mengumumkan kepada jaringan internet bahwa merea memiliki sebagian besar jalur data internet padahal sebenarnya tidak ada.

Dengan begitu sebagian besar trafik internet dunia secara otomatis mengarah ke Indosat yang ‘mengaku’ mempunyai jalur yang dibutuhkan dan sebagai akibatnya alamat-alamat yang dimiliki oleh beberapa perusahaan besar yang antara lain ada Apple, NTT, Level3, CableOne dan Akami tidak bisa diakses oleh para pengguna internet. Hal ini karena request menuju ke alamat-alamat perusahaan tersebut diarahkan ke alamat IP yang salah oleh Indosat sehingga jika Anda hendak mengakses web Apple, mungkin browser Anda akan membuka web lain atau malah tidak terhubung sama sekali.

Peristiwa layanan Indosat ngadat ini berlangsung selama beberapa jam dan di klaim telah berhasil diperbaiki pada dini harinya, namun banjir yang terjadi pada server Indosat tersebut telah terlanjur membuat kacau internets secara global dan terdeteksi di beberapa negara seperti Amerika, Thailand, Australia, Kanada, Selandia Baru dan banyak sekali perusahaan telekomunikasi seperti AT&T, Hutchinson, Singtel dan banyak lagi. Sebenarnya kejadian serupa pernah terjadi pada Indosat pada tahun 2012 yang lalu.

harga ipad, layanan indosat, indosat, ngadat, prefix internet

BACA JUGA:

Nasib Fotografer Wallpaper Windows XP Saat Ini

Kejutan Apa Lagi yang akan Diberikan Bos Cantik Yahoo?

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *