Layanan Google untuk Pendidikan di Amerika Serikat akan Dihentikan

By on February 19, 2016
3.Layanan Google untuk Pendidikan di Amerika Serikat akan Dihentikan2

Sepertinya pengguna Play for Education harus segera mencari pengganti. Pasalnya. layanan yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2013 ini akan segera dihentikan. Layanan ini dulunya dibuat untuk para pengajar.

Dengan layanan dari Play for Education, Anda bisa membeli aplikasi dan buku-buku. Setelah itu, aplikasi dan buku tersebut bisa langsung diberikan kepada para siswa via tablet android. Sayangnya, layanan ini harus segera dihentikan.

Pasalnya, Google akan menghentikan penjualan lisensi layanan Play for Education ini. Setidaknya, Anda masih punya waktu untuk menggunakan layanan Google ini hingga 14 Maret 2016 mendatang. Lalu, apa alasan Google menghentikan lisensi Play for Education?

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak Google terkait ditutupnya layanan ini. Selain itu, para guru dan siswa akan tetap bisa menggunakan buku dan aplikasi yang sudah dibeli hingga masa pakai table habis. Walaupun layanan Google ini sudah dihentikan namun bukan berarti Anda tidak bisa mengakses layanan ini sama sekali.

Setelah tanggal 14 Maret 2016 nanti, Play for Education masih bisa diakses namun hanya untuk referensi bahan pembelajaran siswa saja. Untuk penutupan layanan memang sudah dikonfirmasi oleh pihak Google.

Jika merujuk ke belakang, Google mengeluarkan layanan ini pada tahun 2013. Layanan ini pertama kali digunakan di Amerika Serikat dan Kanada. Bahkan Inggris baru saja merasakan layanan Play for Education tahun 2015 lalu.

Selain memberikan pernyataan resmi terkait penutupan Play for Education, Google juga memberikan pernyataan tambahan. Menurut mereka, pihaknya ingin sekali terus memberikan dukungan perangkat yang bermanfaat dan terbaik untuk pembelajaran.

Mereka menyatakan bahwa layanan Google lain seperti Chromebooks bisa digunakan sebagai alternatif. Perlu diketahui bahwa Chromebooks adalah perangkat pembelajaran yang paling laris di Amerika Serikat saat ini.

Layanan Chromebooks menjadi layanan pamungkas karena Google membesut dengan maksimal. Misalnya saja, Google Chromebooks telah membuat sesuatu yang baru. Dengan layanan Chromebooks yang telah diperbarui tersebut, dunia pendidikan di Amerika Serikat akan semakin maju dan berkembang dengan dinamis.

Namun, rupanya para guru masih belum menggunakan layanan Google Chromebooks dengan maksimal. Ada beberapa keunggulan Chromebooks. Contohnya, biaya Chromebooks sangat terjangkau untuk kalangan pendidik.

Selain itu, tablet yang digunakan juga sudah kompatibel bagi para guru dan siswa. Dengan begitu, proses belajar menggunakan tablet dengan Chromebooks bisa berjalan dengan lancar. Materi yang disampaikan oleh guru pun bisa tersampaikan dengan maksimal.

Sebaliknya, para siswa juga bisa dengan mudah menerima pelajaran di kelas. Masih belum diketahui apakah penutupan layanan Play for Education akan berdampak signifikan bagi dunia pendidikan di Amerika Serikat atau tidak. Namun, setidaknya para guru di Amerika Serikat tidak terlalu khawatir karena masih ada Google Chromebooks sebagai pendukung mereka.

Layanan Google

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *