Langkah Sederhana Untuk Menangkal Radiasi Ponsel

By on May 29, 2013
Langkah-Sederhana-Untuk-Menangkal-Radiasi-Ponsel-1

Kemudahan terkadang juga membawa resiko lain. Salah satunya adalah resiko yang muncul akibat penggunaan ponsel yang terlalu sering. Sudah bukan rahasia lagi jika ponsel memancarkan radiasi yang dapat membahayakan kesehatan. Tidak hanya ponsel, alat teknologi lain juga memiliki hal yang membahayakan kesehatan, contohnya efek kesehatan dari Google Glass. Untuk ponsel sendiri, hal ini memunculkan kekhawatiran banyak orang. Apalagi konon radiasi ponsel tersebut bersifat karsinogenik, kerena itu penggunaan ponsel yang terlalu sering dapat memicu kanker yang berbahaya.

Beberapa gejala penyakit yang diakibatkan oleh penggunaan ponsel yang terlalu berlebihan diantaranya adalah pusing, susah tidur, tumor otak dan masih banyak lagi. Bagi sebagian besar orang, hal tersebut tentu sangat menghantui kehidupannya. Terkait dengan hal tersebut, dalam ilmu kedokteran pun masih banyak bermunculan pro dam kontra. Meski belum ada kepastian secara medis mengenai resiko dari paparan radiasi ponsel, namun tidak ada salahnya untuk menjaga diri dari radiasi ponsel. Untuk itu, berikut beberapa tips menangkal radiasi ponsel.

Cara Sederhana Menangkal Radiasi Ponsel

Meski resiko radiasi ponsel bisa sangat membahayakan kesehatan tubuh, namun sebenarnya penanggulangan permasalahan ini bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana. Salah satu cara sederhana untuk menangkal radiasi tersebut adalah dengan menggunakan wired headset. Penggunaan headset dinilai sangat membantu dalam mengurangi radiasi ponsel. Dengan headset, telinga tidak akan langsung melakukan kontak dengan ponsel. Ada perantara yang dapat meredam radiasi ke otak. Saat ini kebanyakan ponsel juga sudah menyediakan headset. Jadi pengguna telah semakin dipermudah. Untuk itu gunakan headset yang telah tersedia. Hal ini juga untuk kebaikan Anda.

Ponsel saat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur flight mode. Fitur ini memang didesain khusus untuk melakukan sinkronisasi dan setting otomatis sehingga memungkinkan ponsel untuk tidak memancarkan sinyal. Fitur ini biasanya memang diaktifkan pada saat sedang berada di pesawat. Hal ini bertujuan agar sinyal ponsel tidak mengganggu perangkat yang ada di dalam pesawat. Namun penggunaan mode ini tidak hanya terpaku pada saat Anda sedang berada di dalam pesawat saja. Pada malam hari ada baiknya Anda mengaktifkan mode ini, terlebih saat menjelang waktu tidur.

Matikan Ponsel saat tidak Digunakan

Langkah-Sederhana-Untuk-Menangkal-Radiasi-Ponsel-2

Waktu saat-saat ponsel tidak digunakan adalah pada saat Anda beristirahat. Waktu istirahat memang sebaiknya harus terhindar dari segala gangguan termasuk gangguan dari perangkat gadget. Meski ada flight mode yang bisa diaktifkan saat Anda akan tidur, akan lebih baik jika Anda memang benar-benar mematikan ponsel Anda. Meski tidak dalam keadaan aktif menelepon, radiasi ponsel masih tetap terpancar.

Jika Anda memposisikan ponsel Anda di tempat yang jauh dari tempat tidur mungkin tidak terlalu bermasalah. Namun jika Anda menempatkan ponsel Anda disamping tempat tidur, hal ini bisa berbahaya. Untuk itu sebaiknya ponsel dimatikan saja. Tidak perlu khawatir akan alarm yang tidak akan berbunyi. Beberapa ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan alarm tetap berbunyi meski ponsel dalam kondisi mati. Namun dengan satu catatan, baterai yang ada masih memadai untuk menyalakan alarm.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *