Kotak Hitam Pesawat Yang Berbahaya Jika Jatuh Ke Tangan Yang Salah

By on April 7, 2014
2. Kotak Hitam Pesawat Yang Berbahaya Jika Jatuh Ke Tangan Yang Salah  1

Sudah hampir sebulan ini pemberitaan media nasional kita dipenuhi dengan berita tentang jatuhnya pesawat MH370 yang merupakan milik maskapai penerbanyan Malaysia. Berita tentang hilangnya pesawat ini menjadi kontroversi karena pesawat mendadak mematikan transpondernya dan hilang dari pengamatan radar penerbangan baik milik pengawas penerbangan maupun radar militer. Lebih lanjut, pemerintah Malaysia dianggap tidak kooperatif dan dituduh menyembunyikan fakta-fakta hilangnya pesawat tersebut sehingga proses pencarian menjadi sangat sulit.

Saat ini fokus pencarian sudah tidak kepada badan pesawat menyusul pengumuman resmi pemerintah Malaysia yang menganggap pesawat tersebut jatuh di samudra Hindia dekat dengan Kutub Selatan. Saat ini fokus pencarian adalah pada blackbox atau kotak hitam pesawatyang menyimpan segala informasi percakapan dan situasi kokpit pada saat penerbangan. Pencarian kotak hitam ini menjadi sangat penting tidak saja untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat MH370 tersebut, namun juga pada aspek kerahasiaan teknologi yang dipakai pada kotak tersebut.

Pada setiap pesawat pasti ada kotak hitam atau black box, yang merupakan perangkat wajib dalam setiap pesawat karena tugasnya adalah merekam seluruh aktivitas penerbangan, sehingga kotak tersebut dibuat dari bahan dan teknologi khusus yang sangat berbahaya jika jatuh ketangan orang yang salah. Teknologi pada kotak hitam dikatakan menyamai kemampuan seluruh provider ISP di Indonesia.

kotak hitam pesawat, kotak hitam, bedahtekno, pesawat, bahaya

Kotak hitam yang warnanya tidak hitam ini memang selalu yang dicari pertama kali untuk mengungkap kejadian kecelakaan pesawat. Kotak hitam di cat dengan warna merah atau orange dengan tujuan menarik perhatian dan mudah dikenali karena warnanya. Kotak yang berukuran seperti CPU dengan tebal tak lebih dari 7cm berisi FDR, CVR, dan data-data penting lain. Oleh sebab itu kotak hitam pesawat ini dilindungi dengan plat baja yang tebal, yang mampu menahan benturan ribuan kali dari gaya gravitasi serta tahan walau tenggelam pada kedalaman 6.000 meter. Selain itu kotak hitam ini juga mampu menahan panas yang sangat tinggi.

Pada umumnya kotak hitam mampu menahan suhu sampai 1.100 derajak celcius dan kulit luar yang terbuat dari baja tersebut melindungi  CSMU (Crash Survivable Memory Unit) yang berupa chip memori yang dilindungi oleh plat baja yang lain. Semua pesawat jenis apapun diharuskan membawa black box atau kotak hitam pesawat ini agar jika terjadi sesuatu maka bisa diketahui sebabnya dan dijadikan antisipasi untuk kecelakaan berikutnya.

Teknologi yang sangat maju yang dipergunakan didalam black box sangat berbahaya karena jika diketahui oleh hacker maka akan dipergunakan untuk hal-hal negatif seperti membobol jaringan server, melakukan perusakan dan pembajakan lalu lintas data termasuk merampok bank secara virtual. Oleh sebab itu kotak hitam harus diketemukan untuk melindungi teknologinya dan juga mengetahui penyebab kecelakaan pesawat.

kotak hitam pesawat, kotak hitam, bedahtekno, pesawat, bahaya

BACA JUGA:

Inilah Pemicu Perang Samsung dan Apple

Layanan Indosat Ngadat Karena Pembajakan Prefix Internet

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *