Kiprah Anak Indonesia Pada Global Game Jam

By on January 28, 2014
2. Kiprah Anak Indonesia Pada Global Game Jam 1

Ada banyak game yang bisa Anda unduh dan mainkan dengan segala jenis gadget yang Anda punya baik komputer, iOS, android, Java, dan bahkan symbian serta beberapa platform lain. Game-game tersebut banyak yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan pembuat game namun ada juga yang diproduksi secara independen oleh orang-orang yang ingin menunjukkan bakatnya.

Untuk menampung orang-orang yang berbakat mencipta game maka ada sebuah acara yang bernama Global Game Jam yang diselenggarakan secara internasional. Ajang ini adalah sebuah acara untuk mengumpulkan para pembuat game yang akan membuat game selama 48 jam bersama-sama. Nilai-nilai yang ditekankan pada ajang Global Game Jam ini adalah inovasi, kerjasama dan kolaborasi untuk kemajuan industri game global dan tahun ini ada kiprah anak Indonesia pada ajang internasional ini.

Acara membuat game ini diselenggarakan secara serentak di tujuh kota pada tanggal 24 Januari hingga 26 Januari 2014. Ketujuh kota di Indonesia yang menjadi bukti kiprah anak Indonesia pada ajang Global Game Jam ini adalah Bali, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, Depok serta Jakarta. Di kota-kota tersebut ada banyak pecinta game dan pembuat game yang sangat berbakat yang memerlukan penyaluran agar bisa berkembang,  Tema acara pada tahun ini adalah “We Don’t See Things As They Are, We See Them As We Are”.

 global game, indonesia, event, teknologi, gadget

Kiprah anak Indonesia pada ajang Global Game Jam ini akan dirilis dengan lisensi creative Commons Non Commercial Share Alike 3.0. dengan begitu game ini bisa dirubah dan dikembangkan namun tidak untuk komersial. Pada ajang yang digelar di Depok ada tiga tim yang mengikuti ajang ini dan salah satu tim merupakan grup yang terdiri dari anak-anak SMA. Ada tiga game  yang dibuat dan mereka adalahtrash Crush, Kenny in Melody, dan Candy Bunny Saga.

Ketiga game tersebut sangat menarik dan penuh dengan tantangan. Salah satunya adalah Trash Crush yang memposisikan pemain sebagai sebuah tempat sampah dan kegiatannya adalah menghabiskan sampah yang berserakan disekitarnya. Jika gagal maka sampah yang gagal diambil akan membuat ketinggian air meningkat dan  menjadi banjir. Game ini menarik dan sekaligus juga ikut mengkampanyekan kebersihan lingkungan sekitra.

Sementara itu Kenny in Melody adalah sebuay game unik yang menggambungkan musik dan keahlian. Musik yang dipergunakan dalam game sangat asyik dan mampu memberi petunjuk kapan harus melakukan sesuatu seperti melompat dan sebagainya. Dengan keunikan ini maka game Kenny in Melody ini bisa dimainkan oleh tuna netra.

Candy Bunny Saga adalah sebuah permainan yang mirip dengan candy Crush Saga. Di dalam game ini ada seekor kelinci yang berusaha menyelamatkan permen dari serbuan seekor singa rakus bernama King.  Pada game ini kelinci harus menyembunyikan permen dari King yang notabene adalah pencipta game Candy Crush Saga. Game ini rupanya sebuah sindiran kepada King yang telah mematenkan kata “Candy” sehingga tidak bisa dipergunakan pada game sejenis.

global game, indonesia, event, teknologi, gadget

BACA JUGA:

Speaker iPhone Unik Karya Anak Bangsa Wujud Cinta Bumi

Hero Siege – Game Klasik Berasa Futuristik

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *