Kiamat Internet Sudah Dekat

By on December 19, 2013
5.Kiamat Internet Sudah Dekat 1

Judul diatas terdengar menyeramkan, bukan? Tetapi, banyak ahli memprediksi memang, kiamat internet akan datang.

Menurut pakar Kaspersky Lab, hal ini diakibatkan adanya skandal spionase yang dibongkar Edward Snowden. Ada beberapa hal yang menjadi titik yang mengakibatkan runtuhnya internet, yaitu:

1. Privasi

Semenjak adanya kasus Snowden pada tahun 2013, akan ada banyak orang yang ingin melindungi privasinya. Hal ini akan meningkatkan kepopuleran layanan VPN (Virtual Private Network) dan Tor-anonymizer, serta tool enkripsi lokal. Hasilnya, sharing informasi tidak akan sebebas sebelumnya.

2. Uang

Akan ada banyak penjahat dunia maya yang mengembangkan cara untuk mencuri uang atau mendapatkan uang dari internet. Selain membobol rekening online Anda, mereka juga akan menjadikan Smartphone dan gadget Anda sandera, dimana Anda harus menebus sejumlah uang untuk mengembalikan fungsi normalnya. Menurut pakar Kaspresky Lab, Smartphone berbasis Android bisa menjadi target pertama.

3. Bitcoin

Para pengumpul Bitcoin juga menjadi sasaran para penjahat dan serangan kiamat internet ini. Seperti yang kita tahu, Bitcoin sangat berharga saat ini. Selain Bitcoin, para penjahat ini juga akan menyerang pasar saham.

internet

4. Provider Layanan Internet

Penyedia layanan internet ini akan menambah perisai untuk melindungi data konsumennya. Hal ini akan menjadi cara untuk bersaing dengan sesama penyedia layanan internet lainnya.

5. Provider Penyimpanan Online (Cloud Storage)

Penjahat akan menyerang karyawan yang bekerja di layanan ini. Memang karyawan adalah mata rantai terlemah dalam layanan ini. Dengan berhasil menyerang mereka, maka para penjahat cyber ini akan memperoleh data yang lebih banyak lagi. Mereka bisa menghapus, menggunakannya atau memodifikasinya untuk keuntungan mereka sendiri.

6. Pengembang Software

Akan ada pencurian produk dari pengembang software yang digunakan untuk melakukan penipuan. Salah satunya adalah menanamkan kode backdoor pada korban yang menggunakan software tersebut.

7. Negara dan Perusahaan

Akan ada banyak perusahaan yang menggunakan cara serangan cyber diatas untuk menjatuhkan pesaing mereka. Hal ini akan memunculkan tentara cyber bayaran yang akan melakukan hal ini dengan imbalan tertentu.

Menurut Alexander Gostev, Chief Security Expert Global Research & Analysis Team Kaspersky Lab, hal-hal diatas akan berdampak pada lahirnya jaringan internet nasional. Artinya, negara-negara akan membatasi akses asing terhadap data-data yang tersimpan di dalam negeri.

Bila hal ini terjadi, maka apa yang dinamakan kiamat internet pasti akan datang. Darknet akan menjadi satu-satunya dunia maya yang dapat diakses secara bebas.

Dan tampaknya, beberapa negara sudah mulai melaksanakan pembatasan ini. Di Jerman, misalnya, sudah ada pembatasan komunikasi antara pihak berwenang. Komunikasi ini hanya terjadi dan terkunci di negara ini saja.

Brasil juga demikian. Brasil bahkan membangun jaringan internet alternatif sehingga mereka tidak perlu menggunakan jaringan yang berada di Florida, Amerika Serikat.

internet

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *