Ketahui Siapa Pengguna Illegal Komputer Anda Dengan Tips Berikut

By on December 7, 2013
5.Ketahui Siapa Pengguna Illegal Komputer Anda Dengan Tips Berikut 1

Komputer pribadi digunakan oleh orang lain mungkin bukan menjadi perkara yang baru lagi. Dewasa ini, privasi seseorang sepertinya sangat sulit untuk dijaga. Mungkin bagi sebagian orang, orang lain menggunakan komputer pribadi bukan menjadi masalah yang besar, namun bagaimana apabila ada data-data yang hilang, atau terlebih lagi pengguna illegal tersebut meninggalkan virus berbahaya di komputer Anda? Tentu Anda tidak bisa menolerirnya begitu saja.

Setiap masalah pastinya akan hadir dengan solusinya masing-masing. Untuk hal ini, Anda bisa mengetahui siapa pengguna illegal komputer Anda dengan melakukan beberapa tips dan trick yang akan diungkap berikut. Ada beberapa hal yang dapat mengungkap jejak sang pengguna illegal. Cara yang paling mudah adalah dengan cara merestart komputer dan login kembali ke akun Windows. Selain itu, Anda juga bisa mengungkap siapa kriminal tersebut dengan menjalankan beberapa program aplikasi. Mau yang lebih mudah lagi? Lihat saja history di browser internet Anda pada bagian terbaru.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan satu persatu. Pada dasarnya, untuk mengungkap jejak, menjadi detektif, dan menangkap basah siapa pengguna illegal komputer Anda, Anda harus menggunakan berbagai kemungkinan logika untuk merangkum data yang ada. Ada banyak tempat di system komputer yang bisa Anda gali demi mencari data-data atau jejak kriminal sang pengguna illegal. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki teman sekamar yang suka bermain game, dan Anda menduga bahwa teman Anda tersebut menggunakan komputer pribadi Anda untuk bermain game, ada sebuah aplikasi file log untuk mengeceknya.

 

Kasus lain misalnya, apabila Anda menggunakan laptop di tempat umum, dan Anda mencurigai teman Anda menggunakan internet tanpa ijin, Anda bisa langsung log internet untuk mengkonfirmasinya. Memeriksa log tersebut juga bisa dibilang cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan Windows Log. Dengan Windows Log, Anda akan dengan mudah mendapatkan informasi seputar apa saja yang dilakukan oleh komputer yang Anda miliki. Yang paling menguntungkan dari Windows Log adalah alat ini tidak akan memakan banyak data. Untuk menjalankannya, Anda hanya perlu mengunjungi Control Panel > Administrative Tools > Computer Management > Event Viewer. Di sana Anda akan melihat folder Windows Log dan kategori-kategori lain yang semestinya digunakan.

Selain cara di atas, Anda juga bisa melihat informasi seputar pengguna illegal komputer dengan jalan memeriksa Recent Items pada menu Windows Start. Ini bisa dibilang cara termudah untuk megetahui apakah seseorang menggunakan komputer Anda tanpa ijin atau tidak. Sayangnya, ada kecacatan dalam cara ini. Anda hanya bisa menggunakannya dan memeriksa data apabila sang pengguna illegal belum menghapus sejarah di Recent Item, yang sangat mudah untuk dilakukan. Untuk menghindari penggunaan secara illegal, ada baiknya Anda tidak meninggalkan komputer dalam keadaan tidak dikunci agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *