Kenali Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Prosesor AMD FX 9590

By on October 18, 2013

AMD pastinya sudah sangat populer dengan produk prosesor mereka. Salah satu produk favorit adalah AMD seri FX. Tahun lalu publik sudah disuguhi prosesor seri FX dengan angka yang diawali dengan 43, 63, dan 83. Tahun ini AMD mengeluarkan seri FX dengan diawali angka 9.

Kedua prosesor yang telah dikeluarkan oleh AMD adalah AMD FX 9370 dan AMD FX 9590. Yang disebut kedua merupakan prosesor terbaru keluaran AMD yang berkualitas premium. Namun, meskipun terbaru tak banyak perubahan desain jika dibandingkan produk AMD FX seri 83 yang dikeluarkan tahun lalu. Perbedaan mendasar hanya terdapat pada kapasitas prosesor, bukan pada desain fisiknya.

Peningkatan performa tentu saja disambut hangat oleh para pengguna. Kedua prosesor ini cukup mendapat respon positif karena lebih baik dari para pendahulunya. Clock yang dimiliki prosesor ini cukup tinggi.

Sayangnya, jika dibandingkan dengan prosesor keluaran pesaing, prosesor ini masih menggunakan asupan daya yang cukup tinggi. Inilah yang membuat sebagian pengguna masih kecewa. Meskipun begitu prosesor ini layak dipertimbangkan. Karenanya, kita harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan AMD FX 9590 ini untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya yang akan dipilih pengguna.

Kelebihan Prosesor AMD FX 9590

Ada beberapa hal yang layak dijadikan keunggulan atau kelebihan dari prosesor terbaru keluaran AMD ini. Pertama, penggunaan socket yang sama dengan prosesor AMD seri sebelumnya. Prosesor yang digunakan masih AM3+. Para pengguna AMD FX seri 83 dapat berganti ke prosesor ini dan menggunakan socket lama.

Kedua, kecepatan kerja prosesor ini jauh lebih unggul dari produk sebelumnya. Default lock prosesor ini mencapai 4,7 GHz, dan jika sedang menjalankan program atau game berat, prosesor ini dapat mencapai 5 GHz. Dengan kecepatan ini, prosesor ini dapat diandalkan dan memberi kepuasan apalagi dengan dukungan overclocker yang bisa dilakukan pada prosesor ini.

Ketiga, peningkatan performa yaitu dengan kehadiran jumlah inti prosesor yang mencapai delapan core. Setelah melalui proses uji benchmark, diketahui bahwa hasil uji prosesor ini pun cukup memuaskan. Pengujian cinebench dan 3rd professional telah membuktikan hasil memuaskan dari prosesor AMD FX 9590 ini.

Kekurangan Prosesor AMD FX 9590

Selain beberapa kelebihan, ada juga kekurangan yang ada di prosesor ini. kekurangan pertama adalah absennya fitur baru pada prosesor baru ini. fiturnya masih sama seperti seri sebelum karena perubahan hanya ada pada kapasitasnya saja.

Kapasitas yang besar dan kecepatan yang dapat diandalkan memakan daya yang besar. Prosesor ini tergolong boros bahkan jika dibandingkan dengan brand lain. TDP yang digunakan adalah 220 W, TDP yang sangat besar. TDP sebesar itu membutuhkan power supply dan cooling fan yang berkualitas tinggi.

Terakhir, prosesor ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Jadi, pertimbangkan keuntungan dan kerugiannya dulu sebelum memustukan merogoh kocek untuk membelinya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *