Kemelut Apple – Samsung di Pengadilan

By on August 30, 2014
3. Kemelut Apple - Samsung di Pengadilan 1

Perselisihan Apple dan Samsung memang sudah terjadi sejak lama. Pokok permasalahan mereka adalah mengenai hak paten yang dilanggar oleh masing-masing pihak terhadap pihak yang lain. Setelah beberapa waktu yang lalu pengadilan menjatuhkan sangsi agar Samsung membayar denda dan Googlepun Urunan Untuk Bayar Denda Samsung ke Apple, kini Apple naik banding lagi setelah tuntutanya agar pengadilan melarang penjualan produk Samsung yang terdahulu ditolak Hakim. Kini dengan pokok materi yang baru yang intinya adalah tuntutan melarang penjualan produk Samsung namun dengan pokok tuntutan yang dikurangi.

Babak Baru Perseteruan Samsung Vs Apple ini diberitakan bahwa pengadilan di San Jose California yang dipimpin oleh Hakin Lucy Koh menolak tuntutan Apple tersebut walaupun tuntutan tersebut telah diperlonggar.  Tuntutan yang terkait dengan hak paten tersebut kini hanya dispesifikasi menjadi sembilan poin saja dan dipilih poin-poin yang paling mendasar dengan harapan hakim mengabulkan, namun ternyata tidak.

Akar kemelut Apple – Samsung diawali beberapa  tahun yang lalu saat Samsung mengeluarkan seri Galaxy SII dan SIII yang dituduh Apple mempergunakan secara ilegal teknologi yang dipatenkan oleh Apple. Setelah dituntut, Samsung juga balik menuntut Apple dengan hal yang sama yaitu Apple mencuri teknologi yang telah dipatenkan oleh Samsung. Setelah sidang selama beberapa bulan keduanya mendapat pinalty dari hakim.

Padahal sebelumnya kedua perusahaan ini adalah mitra kerja yang sangat baik karena Apple memesan banyak komponen elektronik dari Samsung yang berupa chipset dan beberapa komponen penting lain untuk perangkat yang dibuatnya. Namun sejak kemelut tersebut, kerjasama keduanya entah bagaimana nasibnya.

Sebenarnya Apple pernah memperingatkan Samsung beberapa kali untuk menghentikan produksi dan  merubah fitur yang dianggap melanggar paten. Namun Samsung tidak menanggapi peringatan tersebut dan akhirnya Apple membawa kemelut Apple – Samsung  mengenai patent tersebut ke pengadilan di Amerika. Apple juga sempat  Sindir Samsung Dalam Iklannya.

Hakim menemukan bahwa kedua perusahaan saling melanggar paten dan telah menjatuhkan sangsi bagi keduanya. Dengan dasar itulah mungkin hakim menolak tuntutan Appl agar produk Samsung dilarang beredar di Amerika. Jika tuntutan ini dikabulkan maka Samsung akan mengalami kerugian yang besar karena pasar Amerika adalah pasar yang sangat potensial untuk produk-produk berteknologi tinggi dari Samsung.

Memang kemelut Apple – Samsung ini tidak saja dipicu hak patent namun juga karena persaingan pasar. Bisa dilihat kini Apple mulai tergerus dengan perangkat-perangkat Samsung yang inovatif baik dari segi desain dan juga teknologi. Apalagi Android mendapat dukungan yang sangat besar dari para pengembang sehingga pengguna Android lebih banyak dimanjakan dengan aplikasi-aplikasi gratis sementara pada iOS sangat sedikit aplikasi gratis yang bisa diunduh.

Setelah tuntutan Apple ditolak oleh pengadilan San Jose, rupanya keduanya sadar bahwa perselisihan tidak akan membawa keuntungan.Kini keduanya telah sepakat untuk membatalkan semua perselisihan merek yang terjadi diantara mereka.

3. Kemelut Apple - Samsung di Pengadilan 2

Kemelut Apple – Samsung di Pengadilan

Baca Juga :

Google Bersaksi di Pengadilan Apple Vs Samsung

Samsung vs Apple Mana yang Lebih Baik

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *