Kembalikan Performa Android dengan Cara Ini

By on December 10, 2013
4.Kembalikan Performa Android dengan Cara Ini1

Produk ponsel pintar sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia yang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang kini menginginkan ponsel pintar sebagai teman dalam melakukan kegiatan apa saja. Persaingan di dunia ponsel pintar pun semakin ketat, tetapi ponsel  pintar dengan platfrom Android boleh jadi merupakan salah satu ponsel yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Ponsel pintar dengan platform Android tidak hanya menjangkau konsumen kelas atas dengan ponsel pintar dengan kriteria tinggi melainkan juga ponsel pintar kelas bawah yang semakin banyak diminati dari hari ke hari. Namun, harga ponsel pintar Android yang cukup murah untuk pangsa pasar kelas bawah acapkali harus ditebus dengan performa ponsel Android yang tidak begitu prima. Selain itu, performa Android bisa menjadi lebih lambat dengan beragamnya aplikasi yang bisa dipasang pada ponsel pintar tersebut.

Jika Anda merasa bahwa ponsel Android Anda tidak berjalan sesuai dengan keinginan Anda maupun kemampuan ponsel itu sendiri, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan performa ponsel pintar Anda. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menurunkan pengaturan ponsel. Kinerja prosesor bisa terbebani dengan tampilan homescreen sehingga tidak ada salahnya Anda menurunkan resolusi grafis pada pronsel Anda.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa lambatnya performa Android Anda bisa disebabkan oleh bug, error, atau masalah lain yang mungkin tidak Anda sadari. Oleh karena itu, Anda sebaiknya secara rutin memperbaharui firmware sehingga kecepatan ponsel pintar Anda pun semakin meningkat. Banyak dari Anda yang merasa bahwa ponsel pintar Anda terlihat istimewa dengan animasi, tetapi Anda perlu mematikannya karena animasi bisa membuat kinerja ponsel pintar Anda semakin lambat.

Jika Anda tidak mau repot mengecek satu-satu penyebab melambarnya kinerja ponsel pintar Android Anda, Anda bisa melakukan reset pada ponsel untuk mengembalikan ponsel pintar ke pengaturan semula saat masih baru. Karena semua data yang ada akan dihapus dengan proses reset, sebaiknya Anda memindahkan data yang Anda anggap penting terlebih dahulu.

Untuk mengembalikan performa Android Anda, Anda juga bisa mematikan script browser dan juga plugin yang umum ditemukan sebagai fitur tambahan pada website. Namun, fitur ini justru akan memperlambat kinerja ponsel jika diterapkan pada ponsel pintar sehingga akan jauh lebih baik jika fitur tersebut dinonaktifkan. Kecilnya sisa memori internal pada ponsel pintar Android Anda juga bisa menjadi penyebab melambatkan kinerja ponsel.

Agar kinerja ponsel Anda semakin laju, Anda disarankan untuk tidak memasang wallpaper dan menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai. Selain itu, aplikasi yang dianggap berat sebaiknya diganti sementa aplikasi di latar sebaiknya Anda matikan atau hapus. Anda bisa merestart ponsel untuk solusi sementara dan Anda juga bisa me-root ponsel meskipun garansi ponsel Anda akan hilang dengan prose ini.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *