Karakter Menkominfo Terbaru yang Ideal

By on August 15, 2014
2.Karakter Menkominfo Terbaru yang Ideal(2)

Indonesia telah selesai melaksanakan pemilu presiden 2014, hal ini berarti Indonesia akan segera memiliki menteri baru di bidang komunikasi dan informatika atau yang juga disebut sebagai menkominfo. Banyak pihak mengusulkan beberapa calon yang dipandang pantas menjadi menkominfo yang baru untuk mengembangkan dunia informatika dan komunikasi baik di bidang industri teknologi, informasi serta komunikasi masa depan Indonesia.

Sebelum mencalonkan siapa menkominfo terbaik untuk memajukan dunia teknologi Indonesia, ada baiknya kita mengenal bagaimana karakter dari menkominfo ideal bagi para pebisnis maupun pengamat industri di bidang komunikasi, teknologi dan informasi. Pada dasarnya,menkominfo ideal adalah seseorang yang mampu mengelola berbagai urusan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, mampu menciptakan lingkungan digital yang sehat serta mampu memberikan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi yang mensejahterakan rakyat.

Banyak yang berharap bahwa menkominfo yang baru akan lebih menfokuskan pekerjaannya untuk membangun regulasi, infrastruktur, serta mendukung perkembangan dari industri teknologi informasi dan komunikasi di dalam negeri sehingga Indonesia tidak terus menerus menggantungkan industri bisnis teknologi informasi dan komunikasinya pada produk dari asing. Beberapa ada yang berpendapat bahwa sebaiknya menkominfo tidak mencampuri urusan penyiaran, publikasi maupun media massa sehingga kementrian akan lebih fokus pada pengembangan teknologi informasi dan komunikasi serta berbagai aplikasinya.

2.Karakter Menkominfo Terbaru yang Ideal(1)

Adi Kusma, seorang presiden direktur dari Biznet Networks mengatakan bahwa seorang menkominfo ideal nantinya harus mampu mengatasi berbagai masalah di bidang teknologi informasi dan komunikasi seperti misalnya masalah perizinan yang dikoordinasikan di pemerintah pusat dan juga daerah, sehingga para operator akan memiliki komitmen untuk membangun jaringan di berbagai daerah. Masalah seperti ini biasanya muncul ketika akan dibangun jaringan fiber optic dan menara BTS. Pembangunan semacam ini juga biasa terkendala karena adanya pihak swasta yang tidak memperbolehkan adanya pembangunan jaringan di propertinya karena adanya monopoli jaringan dari suatu operator maupun provider. Keadaan semacam ini membuat layanan untuk internet murah broadband menjadi sulit untuk direalisasikan. Menkominfo yang baru haruslah mengerti segala persoalan terutama di bidang telekomunikasi secara detail agar semua pengguna internet, penyedia jaringan, penyedia konten dan juga data center akan mendapatkan manfaat yang maksimal yang nantinya akan mendukung terciptanya berbagai ide bisnis maupun layanan yang baru dengan tersedianya infrastruktur yang memadai.

Selain itu, pendapat lain menyebutkan bahwa menkominfo yang ideal adalah seorang yang mengerti dunia telekomunikasi secara detail baik infrastruktur, teknologi maupun industrinya secara global. Pendapat ini dikemukakan oleh Johar Alam Rangkuti, chairman IDC Indonesia. Menurut pendapatnya, di tahun tahun sebelumnya sering terjadi ketidakpahaman pemerintah mengenai teknologi telekomunikasi seperti internet, sehingga internet hanya sebagai nilai tambah dalam industry telekomunikasi. Pembangunan infrastruktur untuk menfasilitasi internet menjadi terhambat, sebagai akibat dari pemaksaan pendapatan dan juga pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur di antara para pengusaha internet. Masalah seperti ini menyebabkan perencanaan pengembangan fasilitas untuk internet menjadi macet dan tidak menemui titik untuk berkembang. Pembangunan internet yang ada di Indonesia sejauh ini merupakan hasil murni dari kerja keras pihak swasta.

Kurang pahamnya pemerintah mengenai pentingnya infrastruktur untuk komunikasi dan internet juga membuat pembangunan infrastruktur di bidang ini berjalan sangat lambat, padahal apabila pemerintah dapat lebih menfokuskan pekerjaannya di bidang ini, maka pembangunan infrastruktur di bidang ini akan lebih cepat selesai. Ketika infrastruktur telah tersedia, layanan internet akan lebih mudah masuk dan juga berjalan secara otomatis.

2.Karakter Menkominfo Terbaru yang Ideal(3)

Baca Juga :

Dampak Yang Akan Terjadi Jika Indosat Dan Telkomsel Ditutup

Tifatul Memblokir Vimeo.com

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *