Jangan Perkosa Komputer Anda Dengan Main Cabut

By on November 12, 2013
5. Jangan Perkosa Komputer Anda Dengan Main Cabut 1

Bagi Anda yang mempunyai device dengan USB seperti USB flashdisk, Eksternal Hard Drive, modem, dan lain-lain pasti pernah melihat warning di pojok kanan bawah komputer Anda saat Anda hendak mencabut benda-benda tersebut dari komputer. “Safely Remove Hardware” adalah cara yang terbaik untuk mencabut perkakas USB Anda dari komputer namun sayang banyak sekali pengguna komputer yang main perkosa dengan main cabut begitu saja perkakas tersebut dari komputernya.

Padahal perkosaan komputer ini bisa berkakibat sangat fatal dan  bisa merusak file-file didalam koomputer Anda. Untuk itu biasakan mengikuti prosedur mencabut device tersebut dengan aman yaitu dengan meng-klik “safely remove hardware”. Namun permasalahan lain sering timbul saat “safely remove hardware” tidak bisa di-klik atau diakses. Jika Anda mengalami hal demikian ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Pertama, saat Anda ingin meremove hardware, maka usahakan Windows Explorer dalam keadaan tertutup atau dimatikan karena sering terjadi komputer tidak megijinkan “safely remove hardware” karena Windows Explorer masih mengakses USB yang tertancap. Dengan menutup Windows Explorer tersebut maka Anda juga melindungi file-file Anda agar tidak rusak saat USB dicabut. Namun permasalah ini bukanlah satu-satunya karena kesulitan untuk “safely remove hardware” bisa juga dikarenakan program yang masih berjalan dari USB.

 

Jika “safely remove hardware” tidak bisa dilakukan karena ada program yang masih berjalan dari USB ( misal modem atau aplikasi dari flash disk) maka yang harus Anda lakukan adalah jangan main cabut saja namun tutup semua program yang berjalan dan ulangi proses “safely remove hardware”. Jika sudah berhasil maka USB bisa dicabut. Hal yang sama juga bisa diaplikasikan pada komputer yang menolak “safely remove hardware” karena ada salah satu file dari USB yang masih diperlukan. Ulangi langkah diatas dan kemudian “safely remove hardware” kembali.

Virus adalah salah satu penyebab kenapa “safely remove hardware” tidak bisa dipergunakan. Virus ini biasanya memang menyebar dari flash disk yang sering Anda pergunakan dari satu komputer ke komputer lain sehingga usb Anda terjangkiti. Untuk solusi penyakit yang disebabkan virus maka yang harus Anda lakukan adalah menjalankan scan anti virus Anda terlebih dulu. Namun sayang hal ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Mungkin baru berjam-jam kemudian proses scan baru selesai.

Jika Anda tidak terburu-buru biarkan proses scanning berjalan hingga selesai baru kemudian Anda mulai lagi proses “safely remove hardware”. Jika Anda sedang terburu-buru, jangan main cabut namun shut down komputer Anda secara normal baru kemudian dicabut. Namun ingat, ini tidak lantas membuat komputer atau flash Anda bebas dari virus. Oleh sebab itu perhatikan benar-benar cara mencabut perkakas USB dari komputer Anda dan selalu pergunakan proses “safely remove hardware” agar komputer Anda awet dan tidak selalu install ulang melulu.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *