Jangan Biarkan Anak Mengakses Informasi Buruk

By on December 2, 2013
4.JANGAN Biarkan Anak Mengakses Informasi Buruk(2)

Gadget yang umumnya digunakan oleh orang dewasa juga kerap digunakan oleh anak-anak. Sehingga keberadaan smartphone bukanlah hal aneh dan mewah bagi anak-anak. Walaupun masih terbilang anak-anak, mereka mampu mengoperasikan berbagai fitur dengan sangat lihai. Memang sebagian besar dari mereka hanya mengakses berbagai game dan jejaring sosial.

Kondisi ini menggembirakan, karena anak-anak bisa melek teknologi sejak dini. Sayangnya kekhawatiran juga muncul dengan kemudahan dan kebebasan akses berbagai  informasi. Pembatasan memang perlu dilakukan, supaya anak-anak tidak mengakses informasi yang tidak layak dikonsumsinya.

Terkadang anak-anak juga tidak segan lagi meminjam smartphone orangtuanya. Mungkin hanya sebatas bermain game atau membukan media sosial. Tapi ketidaktahuan mereka terkadang bisa merusak setingan atau pengaturan penting dalam ponsel pintar anda. Kondisi ini tentunya sangat merugikan dan merepotkan anda, karena harus melakukan pengaturan settingan kembali.

Supaya kondisi itu tidak terjadi pada Anda, bagi pemakai Windows Phone 8 anda bisa memanfaatkan fitur pendukungnya. Fitur tersebut adalah Kid’s Corner yang sangat membantu anda dalam mencegah anak merusak setingan dan mengakses informasi yang belum waktunya. Berikut  ini cara mengaktifkan fitur Kid’s Corner yang bisa anda terapkan dengan mudah.

 

1.  Membuka Fitur Kid’s Corner

Guna mengakses fasilitas i fitur Kid’s Corner yang bermanfaat ini, Anda bisa memilih menu start atau setting. Jika kedua menu tersebut anda pilih akan langsung menampilkan fitur Kid’s Corner. Kemudian akan muncul berbagai langkah untuk melanjutkan. Anda cukup menekan tombol next untuk melanjutkan aktifasi fitur tersebut hingga aktif dengan sempurna.

2.  Mengatur Konten pada Fitur Kid’s Corner

fitur Kid’s Corner yang bermanfaat ini memang disediakan oleh Windows guna membantu Anda dalam membatasi akses anak-anak dalam berbagai aplikasi atau fitur tententu. Anda diberikan kekuasaan untuk mengatur berbagai konten yang cocok untuk anak Anda dan mana saja yang tidak cocok untuk anak Anda. Dengan demikian, anak Anda hanya akan mengakses aplikasi sesuai pilihan Anda. Biasanya berbagai aplikasi yang diperkenankan orangtua kepada anaknya adalah Game, video, musik dan fitur lainnya yang sesuai dengan usia anak Anda.

Untuk membatasi akses anak Anda di ponsel Windows bisa dengan membuat passwor pada Lock Screen. Penerapan fitur ini akan sangat berfungsi, sehingga Anda tidak bisa mengakses menu start pada ponsel pintar Anda. Smartphone Anda yang terkunci tentunya sangat menyulitkan anak Anda dalam membukanya.

 

Tapi sebaiknya fitur Kid’s Corner yang bermanfaat juga telah Anda terapkan. Sehingga kalau anak Anda memaksa untuk membuka ponsel, Anda sudah mempunyai filter handal dalam membatasi aksi anak Anda. Hal tersebut sangat penting, apalagi usia anak Anda belum pantas apabila mengakses fasilitas yang disematkan dalam smartphone Anda. Tentunya juga sekaligus menyelamatkan setingan pada smartphone Anda, karena terkadang anak-anak rasa ingin tahunya besar dan akhirnya mengotak-atik pengaturan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *