Jaman Dulu Nokia Menganggap Android Bukan Ancaman

By on July 2, 2014
3. Jaman Dulu Nokia Menganggap Android Bukan Ancaman 1

Enam tahun yang lalu adalah kelahiran perangkat Android pertama kali di dunia. Perangkat tersebut adalah HTC Dream yang dijual secara luas pada tahun 2008. Ponsel Android ini adalah buah kerjasama antara Google dan vendor ponsel asal Taiwan ini. Pada saat ini Android dipandang sebelah mata dan bahkan tidak dianggap sama sekali oleh para penguasa pasar jaman itu, yang salah satunya adalah Nokia.

Jaman dulu Nokia menganggap Android bukan ancaman karena pada saat itu pabrikan ponsel asal Finlandia itu telah menjadi penguasa pasar selama bertahun-tahun dan telah sembilan tahun mengukuhkan Symbian sebagai OS yang paling banyak dipergunakan di dunia. Oleh sebab itu dulu pasti Anda sering mendengar istilah “ponsel sejuta umat” yang dipergunakan untuk menyebut Nokia.

Nokia yang menguasai pasar jaman itu terlalu sombong untuk melihat masa depan dan akibatnya Nokia menganggap Android bukan ancaman yang akhirnya justru membuat perusahaan ini hampir bangkrut sebelum akhirnya dibeli oleh Microsoft beberapa bulan yang lalu. Nokia secara tidak sadar membuat dirinya sendiri mati dalam himpitan Android karena tidak mau membuat terobosan-terobosan yang mampu membendung laju Android yang hanya dalam kurun 6 tahun mampu menjadi penguasa 80% pasar ponsel saat ini.

Sejak Android mulai banyak diproduksi, maka penjualan Nokia segera menurun dengan drastis dan tidak bisa diantisipasi oleh petinggi Nokia. Sampai akhirnya mereka meyerah dan menjual divisi ponsel mereka ke Microsoft. Sementara itu Microsoft mempunyai pandangan yang berbeda dari Nokia. Jika Nokia menganggap Android bukan ancaman pada saat pertama kali diluncurkan, maka Microsoft sedikit lebih berhati-hati.

Bahkan di tahun 2007 Microsoft sudah memberikan pendapatnya tentang Android yang saat itu sedang dalam masa pembangunannya. GM Marketing Microsoft mengatakan bahwa ia tahu ada sekelompok orang yang sedang membuat ponsel baru dan Microsoft sudah mengerjakan hal itu selama lima tahun. Ia menambahkan bahwa Microsoft belum bisa melihat pengaruh dari produk yang mereka ciptakan saat itu. Dari pernyataan tersebut, Microsoft sudah mulai mengantisipasi perkembangan Android sejak OS itu belum diluncurkan.

Komentar lain muncul dari pejabat symbian, sebuah OS yang dipergunakan secara eksklusif oleh Nokia. Ia mengatakan bahwa sejak awal ia meragukan keberhasilan platform tersebut karena saat itu symbian adalah yang paling kuat dan telah sembilan tahun membuat ponsel dan platform. Anggapan meremehkan ini juga dikarenakan Android yang dibangun dari platform Linux yang terbuka diduga tidak akan sukses.

Namun kini Android berbalik mengusai pasar ponsel dan bahkan membuat Nokia bangkrut serta membuat symbian tidak laku dipasaran. Google sebagai pembuat Android tahu bagaimana cara mempopulerkan platform Android yaitu dengan menyewa programmer-programmer kelas satu dan investasi uang dalam jumlah yang tidak tanggung-tanggung untuk mengembangkan software. Selain itu kerjasama dengan vendor pembuat ponsel dan operator seluler juga mendongkrak kesuksesan Android.

nokia, android, hp android, hp nokia, android vs nokia

BACA JUGA:

Prestasi Abal-Abal Hacker Indonesia

Domain Berakhiran .id Laris Manis

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *