Ipad Air Terbakar Gara-Gara Charger Abal-Abal

By on November 12, 2013
2. Ipad Air Terbakar Gara-Gara Charger Abal-Abal 1

Ini adalah kali kesekian ada produk Apple yang meledak dan terbakar. Bila sebelumnya pihak Apple mengklaim bahwa terbakarnya produk-produk mereka dikarenakan penggunaan  yang melebihi batas namun pada peristiwa yang terbaru Apple tidak bisa lagi mempergunakan klaim yang sama. Pasalnya, yang meledak dan terbakar adalah  iPad generasi terbaru, yaitu iPad Air yang sedang dipajang di sebuah toko operator Vodafone di Canberra, Australia.

Ledakan dan api yang membakar iPad generasi baru tersebut cukup parah dan harus mendatangkan pemadam kebakaran. Menurut sumber dari toko Vodafone tersebut, ledakan dan api berasal dari port pengisian baterai pada salah satu iPad yang dipajang. Dan saat diambil setelah api berhasil dipadamkan, maka iPad tampak benar-benar hancur karena panas yang sangat tinggi.

Sementara itu pihak Apple bertindak cepat dan segera mengirim orang untuk mengambil iPad Air yang terbakar dan membawanya untuk diteliti kenapa ledakan dan kebakaran itu bisa terjadi. Pihak Apple belum mengeluarkan statemen apapun tentang kejadian ini dan masih menyelidikinya karena ini adalah kali pertama iPad meledak dan terbakar. Namun secara umum, ini adalah kali kesekian produk Apple meledak dan terbakar.

Ada beberapa kasus dimana produk Apple yang lain seperti iPhone yang terbakar dan melukai pemakainya dan Apple hanya mengeluarkan pernyataan bahwa iPhone itu meledak  karena menggunakan charger abal-abal alias bukan charger resmi Apple. Dan diduga iPad yang meledak di Canberra juga disebabkan penggunaan charger yang tidak resmi. Ada lagi kasus pramugari China Souther Airlines yang meninggal yang diklaim disebabkan oleh sengatan listrik dari charger iPhone palsu.

 

Jika Anda adalah salah satu pengguna produk Apple seperti iPad Air maka tidak salah kiranya Anda berhati-hati karena kecelakaan semacam ini bisa saja terjadi pada Anda tanpa Anda duga-duga. Oleh sebab itu paling tidak Anda harus tahu mana charger asli dan charger abal-abal sehingga nyawa Anda tidak terancam dan paling tidak meminimalisir kerugian dan cedera yang Anda alami.

Untuk mengetahui mana charger yang asli mana yang palsu cukup mudah. Jika Anda membelinya bersamaan dengan produk Apple yang asli atau Anda membelinya di toko resmi Apple maka dipastikan charger itu asli. Tanda yang lain adalah ada sedikit perbedaan pada info yang tertulis dibawah charger. Yang asli tertulis “Designed by Apple in California” sementara yang palsu tertulis “Designed by California”.

Ciri lain adalah tidak mencantumkan nama pabrik asal produksi charger tersebut misalnya “Apple Japan”. Selain itu ada banyak sekali charger-charger palsu untuk Apple dan itu dikarenakan harga charger asli Apple tergolong mahal. Sementara jika dibuka maka isi keduanya sangat berbeda. Charger asli menggunakan komponen flyback switching cangging sementara yang palsu tidak.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *