iOS vs Android Sudah Terjadi Sejak 2011

By on April 8, 2014
2. iOS vs Android sudah terjadi sejak 2011 1

Seperti diketahui saat ini ada perseteruan antara dua produsen ponsel terbesar dunia yaitu Apple dan Samsung. Dari perseteruan tersebut terkuak banyak sekali fakta dan juga kejadian yang sangat mengejutkan. Dari persidangan Apple melawan Samsung terungkap fakta bahwa Apple sudah merencanakan untuk mengalahkan Android sejak tahun 2011. Genderang perang iOS vs Android ini terjadi karena kekhawatiran Steve Jobs kala itu saat melihat perkembangan Android yang dikembangkan oleh Google.

Di tahun tersebut Apple ternyata sudah mempersiapkan berbagai strategi untuk mengejar ketertinggalan mereka dari android dan mengalahkan mereka dipasaran. Hal tersebut terungkap dari email Steve Jobs yang digelar pada pengadilan Apple vs Samsung di San Jose California. Dalam email tersebut terungkap jika Steve Jobs telah menetapkan tahun 2011 menjadi tahun perang dengan android dan telah menyiapkan langka-langkah yang harus diambil perusahaannya tersebut.

Steve Jobs mengakui bahwa saat ini iOS vs Android adalah hal yang besar dan dipastikan Apple akan kalah baik dalam hal teknologi dan juga jumlah pemasaran. Oleh sebab itu pada tahun tersebut Apple menggenjot pengembangan smartphone murah yang didasarkan pada iPod Touch yang ditujukan untuk menggantikan iPhone 3GS yang saat itu telah beredar.

ios vs android, ponsel, harga samsung, gadget, android

Dari sisi teknologi software, Apple menyadari bahwa iOS vs Android akan membawa kekalahan kepada iOS dan karenanya Apple merencanakan membangun fitur-fitur baru pada bidang notifikasi dan tethering serta voice recognition. Pada saat itu memang fitur-fitur android jauh lebih baik daripada fitur iOS. Tekat Apple untuk mengalahkan Android  saat ini terbukti berhasil dan yang bisa Anda lihat adalah asisten pribadi pada iPhone yang diberi nama Siri.

Siri saat ini mampu mengenali suara dan mengeksekusi berbagai program serta memberitahukan berbagai notifikasi secara otomatis. Siri kinipun mendapat saingan dari Android dengan Google Now dan juga Windows Phone dengan Cortana. Dari ketingganya, Cortana yang diprediksi akan menjadi yang terbaik karena dikembangkan berdasar dua teknologi asisten pribadi yang telah ada sebelumnya.

Apple juga mengakui bahwa iOS vs Android memberikan hasil yang buruk terhadap Apple karena Apple sendiri juga kalah dalam hal komputasi awan atau cloud computing termasuk dalam fitur kontak email dan kalender yang bisa disinkronkan dengan berbagai perangkat yang terhubung pada komputasi awan tersebut. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut Apple membuat fitur MobilMe untuk menyatukan segala layanan Apple dan saat ini fitur tersebut bernama iCloud.

Saat ini perjuangan Apple untuk mengalahkan dominasi android sudah terbukti mendatangkan hasil yang positif dan itu terbukti dari berbagai fitur yang ditawarkan oleh Apple dan juga loyalitas yang diberikan oleh para pengguna Apple. Yang membuat Apple saat ini masih agak kalah adalah tidak adanya smartphone dengan layar yang lebih besar yang saat ini digandrungi oleh banyak orang.

ios vs android, ponsel, harga samsung, gadget, android

BACA JUGA:

Inilah Pemicu Perang Samsung dan 

Apple Dinobatkan Sebagai Perusahaan Paling Ramah Lingkungan

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *