Intel Siap Terjun ke Dunia wearable gadget

By on March 30, 2014
Baterai Anggur dan Baju Pintar dari Intel

Selain sempat mencoba untuk merambah bisnis perangkat mobile, kini Intel juga kabarnya ingin agar prosesor buatannya tersebut dipakai di perangkat yang bisa dipakai di tubuh manusia atau wearable gadget yang belakangan ini sedang menjadi tren dunia gadget. Untuk memuluskan jalan tersebut, kabarnya Intel telah mengakusisi startup Basic Science Inc, yang merupakan produsen gelang untuk merekam aktivitas kesehatan tubuh manusia.

Kabar kepastian akuisisi tersebut langsung diberitakan oleh situs teknologi terkemuka, Tech Crunch pada Selasa 25 Maret 2014 kemarin. Namun, sampai saat ini belum diketahui nilai akuisisi Intel atas Basic Science tersebut.

Sebelum dicaplok oleh pihak Intel, kabarnya pihak Google juga sempat menawar Basic Science dengan mahar sebesar 100 juta dollar AS, tapi sayangnya, tawaran itu akhirnya ditolak oleh pihak Basic Science. Menurut para pakar teknologi dan pemasaran, kemungkinan besar Intel telah mengajukan jumlah nilai yang lebih tinggi dari tawaran Google tersebut.

Basic Science sendiri merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi gelang untuk aktivitas kebugaran dan kesehatan manusia, mereka menuturkan dalam blog resminya bahwa mereka akan bergabung dalam tim perangkat dalam organisasi Intel untuk merancang wearable gadget khusus yang lebih manusiawi dan memiliki teknologi yang lebih canggih dari produk wearable gadget lainnya.

Meskipun telah resmi diakuisisi pihak Intel, kabarnya semua perangkat buatan Basic ini akan terus diberi dukungan teknis supaya tetap berjalan maksimal. Intel sendiri belum menerangkan secara rinci wearable gadget seperti apa yang akan dibuatnya tersebut, apakah berupa gelang kesehatan ataukah jam tangan pintar yang belakangn ini sedang menjadi tren.

Namun, jika kita melihat rekam jejak Basic Science sendiri, produk mereka yang bernama Basic B1 sudah diakui memiliki performa unggul dalam memonitor detak jantung manusia, mengontrol aliran darah dan melihat panas tubuh dengan sangat akurat. Dengan prestasi tersebut, sepertinya kemungkinan besar pihak Intel akan membuat wearable gadget dengan fungsi yang mirip dengan generasi terdahulunya, sebab data-data seperti itulah yang saat ini yang dicari oleh pihak Intel.

Untuk di pasar wearable gadget sendiri, sepertinya Intel masih harus mengejar ketertinggalannya dari produsen prosesor lainnya yang telah dulu memproduksi wearable gadget dengan fungsi yang mengagumkan, seperti Texas Instrument, Qualcomm, STMicroelectronics yang telah lebih dulu membuat prosesor untuk berbagai perangkat wearable device.

Dengan adanya perusahaan-perusahaan raksasa lainnya yang menggeluti bisnis ini, tentu saja tantangan Intel di segmen wearable gadget ini tergolong sangat sulit. Karena selain harus membuat prosesor dan perangkat yang mumpuni dan banyak di cari masyarakat, Intel juga sepertinya harus membuat solusi yang komplit agar lebih banyak pengguna yang mau mengadopsi sistem mereka ini. Sekarang, kita tunggu saja gerrakan Intel lainnya.

intel

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *