Inilah Pertimbangan Penting Memilih Smartphone

By on May 14, 2014
3. Cacat Sistem Operasi Apple iOS 7.1 1

Kondisi sekarang tentu saja sangat berbeda dengan dulu ketika era feature phone yang sangat sederhana dan lebih mengedepankan fungsi standar handphone masih populer di anatara kita. Sekarang ini para calon pembeli smartphone mesti lebih mempertimbangkan banyak aspek, hal ini bisa dimulai dari masalah hardware yang di pakai, platform apa yang digunakan hingga pilihan aplikasi apa yang dipakai nantinya.

Tapi dari semua aspek penilaian terhadap smartphone tersebut, lantas faktor apa saja yang sebenarnya paling menentukan dan harus benar-benar diperhatikan oleh calon pembeli ketika akan memutuskan untuk memakai smartphone dan mulai meninggalkan feature phone?

Sampai saat ini, mungkin masih banyak yang mengira bahwa sistem operasi akan menjadi bahan pertimbangan utama dan paling penting bagi calon pembeli smartphone di era moden seperti sekarang ini, tapi ternyata menurut hasil survei terbaru yang dirilis lembaga riset IDC yang dikutip oleh situs BGR, mengatakan hal yang berbeda.

Dalam survey tersebut, bagi para konsumen atau calon pembeli, ternyata bukan jenis sistem operasi yang menjadi petentu nomor satu di mata konsumen, akan tetapi kapasitas atau daya tahan baterai yang dipakai smratphone itu sendiri. Dalam survei IDC ini yang melibatkan sebanyak 50.000 orang responden online dari kalangan pengguna perangkat Android, Windows Phone iOS, dan dan Blackberry yang tersebar di 25 negara ternyata berkata hal demikian.

Besaran persentase pengguna Android yang melihat baterai sebagai faktor penentu keputusan membeli smartphone ini mencapai 56 persen orang dari total reponden yang ikut serta, sementara di sisi lain untuk pengguna iOS dan Windows Phone sendiri ternyata masing-masing berada pada kisaran 49 persen dan 53 persen yang mempunyai pilihan serupa.

Sedangkan untuk faktor penentu kedua yang paling memengaruhi keputusan dalam membeli smartphone adalah kemudahan dalam hal penggunaan dan tampilan antar muka yang lebih sederhana. Setelah itu barulah jenis sistem operasi masuk di urutan ketiga dari total suara yang diberikan oleh para responden.

Tidak hanya itu saja, ternyata aspek lainnya yang juga layak disebut sebagai faktor penentu jatuhnya pilihan konsumen ini adalah ukuran layar yang digunakan produk tersebut, pendapat ini berada di urutan kelima. Sedangkan untuk faktor brand atau merek merupakan pilihan yang berada di posisi keenam atau justru dianggap tidak terlalu penting.

Seain itu, secara mengejutkan ternyata resolusi kamera ternyata boleh dikatakan tidak terlalu menarik minat para pembeli dan pilihan ini justru menempati urutan kedua terbawah dari 10 faktor penentu keputusan membeli smartphone oleh para pengguna, malah pilihan resolusi kamera ini masih kalah bersaing dengan brand atau merek produk itu sendiri.

Dalam survey tersebut juga,  tercatat hanya 25 persen pengguna Android, dan sebanyak 19 persen pengguna iOS serta sebanyak 23 persen pengguna Windows Phone yang mempertimbangkan resolusi kamera smartphone sebagai pertimbangan mereka dalam menjatuhkan pilihan ketika membeli smartphone.

 1409326idc620x620

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *