Inilah Pemicu Perang Samsung dan Apple

By on April 3, 2014
0019459galaxys780x390

Sepertinya perang paten antara Apple dan Samsung telah memasuki babak yang lebih panas. Cikal bakal perselisihan hukum kedua perusahaan tersebut konon sudah tertanam sejak lama, sampai akhirnya amarah mereka meledak gara-gara kemunculan sebuah gadget miliknya Samsung.

Sebenarnya, Apple dan Samsung ini sejak dulu memiliki hubungan yang erat, dan bahkan mereka ini seperti kakak-adik. Saat itu, pihak Apple merupakan pelanggan besar yang membeli berbagai macam komponen, dari Samsung untuk digunakan pada perangkat mereka. Bahkan pada tahun 2010 saja, nilai pembelian Apple ini mencapai angka 6 miliar dollar AS per tahun.

Sampai akhirnya, Samsung meluncurkan Galaxy S, sebuah smartphone Android dari Samsung yang dinilai Apple justru memiliki banyak kemiripan dengan iPhone 3GS milik mereka. Jadi bisa dikatakan, cikal bakal perselisihan Apple dan samsung ini karena munculnya Galaxy S.

Walaupun pihak Apple merasa keberatan dengan kemiripan perangkat tersebut, Tim Cook, yang merupakan COO Apple yang pada kemudian hari menjadi CEO menggantikan Steve Jobs, pada saat itu sudah merasa khawatir dengan hubungan bisnis kedua perusahaan yang sudah terjalin lama ini.

Bukannya langsung melayangkan gugatan hukum, justru Jobs dan Cook malah menemui Presiden Samsung Lee Jae Yong. Dia sana, Lee Jae Yong diingatkan agar tidak lagi meniru produk Apple manapun. Setelah pertemuan itulah akhirnya relasi Apple-Samsung mulai memanas dan terus memunculkan babak demi babak.

Bakhan pengacara kedua perusahaan tersebut mulai banyak terlibat negosiasi, sampai akhirnya secara diam-diam para pengacara ini menyiapkan berbagai amunisi untuk perang hukum yang sepertinya akan segera terjadi. Setelah pertemuan tersebut, Kepala Penasihat Hukum Apple terbang ke Korea untuk menyampaikan keluhan resmi mereka.

Pada saat itu, pihak Apple punya dua masalah dengan Samsung. Yang pertama masalah menyangkut Galaxy S yang bentuk fisik dan kemasannya dinilai sangat mirip dengan iPhone 3GS. Dan yang kedua menyangkut ponsel tersebut menggunakan sistem operasi Android besutan Google yang menurut Apple juga memakai teknologinya tanpa izin resmi.

Tapi sayangnya pihak Samsung menolak mengakui adanya kesamaan antara kedua perangkat dan justru balik menuduh Apple telah melanggar properti intelektual mereka. Sampai kemunculan tablet 7 inci Galaxy Tab pada September 2010 itu akhirnya semakin memperkeruh suasana yang memang sudah panas.

Segala jalan negosiasi mendadak buntu ketika pihak Samsung malah merilis Samsung Galaxy Tab 10.1 pada bulan Februari 2011 yang lalu. Sebuah tablet dari Samsung yang malah makin mirip dengan iPad, dan bahkan dengan ukuran yang sebanding.

Akhirnya pihak Apple menganggap ini sudah melewati batas. Samsung Galaxy Tab 10.1 akhirnya menjadi pemantik yang meledakkan konflik terpendam antara Apple dan Samsung ini. Sampai saat ini, perjalanan panjang di meja hijau pun maish bergulir dan sampai saat ini belum menemukan titik temu yang pasti.

samsung-vs-apple

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *