Inilah Dua Perubahan Baru untuk Update Keamanan Gmail

By on February 12, 2016
2.Inilah Dua Perubahan Baru Untuk Update Keamanan Gmail.1

Dalam rangka memperingati Safer Internet Day yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2016 kemarin, pihak Google telah mengumumkan langkah pembaruan yang berkaitan dengan keamanan pada layanan email Google yaitu Gmail. Pihak Google menyatakan bahwa Gmail selama ini selalu memakai koneksi yang berenkripsi pada saat pengguna mengirim email maupun menerima email.

Selain itu Google juga sudah mendukung standar industri yaitu pembuktian untuk mencegah adanya email yang disalahgunakan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya itu saja, sudah ada beberapa langkah keamanan lainnya di balik layar yang telah digunakan oleh Google demi menjaga agar surat elektronik para penggunanya tetap aman dan terjaga kerahasiaannya.

“Namun belum semua layanan surat elektronik atau email melakukan hal ini. Oleh sebab itu dalam beberapa bulan ke depan, Google juga sudah menyiapkan 2 perubahan baru di dalam Gmail berkaitan dengan keamanan.” Hal itulah yang ditulis oleh Google pada rilisnya hari Rabu kemarin (10/2).

Lantas apa saja kedua perubahan keamanan Gmail yang telah disiapkan oleh Google? Kedua perubahan tersebut adalah:

Ikon Kunci Gembok

Jika pengguna Gmail mendapatkan email yang tak berenkripsi dana tau mengirim email kepada seseorang yang akunnya belum mendukung enkripsi TLS, maka pengguna akan melihat adanya ikon kunci gembok terbuka di dalam surat elektronik tersebut.

Tanda Tanya di Foto Profil

Ketika pengguna Gmail mendapatkan email baru yang tidak bisa dibuktikan dengan benar, maka pengguna akan melihat adanya tanda tanya di bagian foto profil akun pengirim email tersebut, avatar, atau logo perusahaan. Ini berarti ada kemungkinan jika pihak pengirim email tersebut tidak mengatakan mengatakan yang sebenarnya berkaitan dengan identitasnya.

Pada dasarnya tidak semua email yang memiliki tanda tersebut akan berbahaya atau mengganggu bagi pemilik akun Gmail yang menerima email tersebut. Tetapi hal ini dilakukan oleh Google dalam rangka mendorong orang – orang yang menggunakan layanan surat elektronik dari Google supaya lebih berhati – hati pada saat membakas email maupun mengklik tautan di dalam sebuah email yang diragukan. Dengan adanya dua pembaharuan keamanan Gmail yang diberikan oleh Google tersebut, pengguna tentu akan mempunyai alat yang dapat membantu membuat keputusan tersebut.

Pihak Google sendiri memang terus melakukan pembaharuan pada sistem keamanan layanan email mereka. Selain itu, Google juga sudah melakukan berbagai perbaikan pada pembaharuan – pembaharuan tersebut demi meningkatkan kenyamanan para pengguna akun Gmail termasuk menandai email yang dianggap sebagai spam dan mengelompokkan email yang masuk sesuai dengan kategorinya.

Tentunya dengan kehadiran dua fitur keamanan baru dari Google pada Gmail ini dapat meningkatkan kenyamanan para pengguna Gmail. Pengguna dapat mengetahui mana saja email yang meragukan dan terpercaya karena Google telah menandainya. Namun seperti pada pembaharuan keamanan Gmail lainnya, mungkin saja ada email dari teman atau rekan Anda yang kadang salah ditandai oleh Google.

Keamanan Gmail

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *