Inilah 4 Resep untuk Membuat Komputer Terbebas dari Program yang Tidak Penting

By on October 8, 2013
5b Inilah 4 Resep untuk Membuat Komputer Terbebas dari Program yang Tidak Penting

Terkadang kita sangat sibuk untuk menginstall software di komputer sehingga kita lupa kalau pada akhirnya ini akan membuat memory yang ada di komputer kita menjadi penuh. Pada akhirnya jika kita hendak menyimpan sebuah file yang penting, kita tidak akan bisa melakukannya karena nantinya kita akan bingun harus menghapus file yang mana. Nah, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya hardisk komputer anda tersebut tidak sampai penuh oleh program-program yang tidak penting.

Pertama, Anda bisa melakukan cara manual yaitu dengan cara melihat menu control panel- uninstall program yang ada di komputer PC atau laptop anda. Selanjutnya, Anda bisa melihat sendiri mana program yang sekiranya penting untuk anda miliki, dan mana yang tidak. Jika anda melihat ada beberapa program yang tidak penting, sebaiknya jangan terlalu disimpan lama-lama, langsung saja program tersebut anda hapus dengan segera. Kedua, solusi lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan bantuan software, salah satunya adalah dengan menggunakan tune up software. Dengan menggunakan fasilitas ini, anda akan bisa mengetahui mana program yang sudah Anda simpan selama berbulan-bulan penuh namun tidak pernah digunakan. Dengan demikian nantinya anda bisa mempertimbangkan apakah file program tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi atau tidak.

Ketiga, biasanya ada beberapa program yang langsung membuat cache atau cookies secara otomatis. Ini merupakan file yang bisa memenuhi jumlah data yang ada di komputer Anda. Langkah terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan menghapus cache dari program tersebut. Biasanya program yang memproduksi file yang tidak dibutuhkan ini adalah firefox dan aplikasi internet lainnya. Keempat, jika Anda merasa bahwa program tersebut kemungkinan akan anda perlukan di kemudian hari, maka belilah hardisk atau DVD yang compatible dengan komputer Anda lalu transfer data program yang menurut Anda penting di media tersebut. Dengan demikian, komputer  Anda akan terbebas dari yang namanya kepenuhan file. Hal ini juga akan membuat umur komputer semakin panjang dan tidak mudah crash.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *