Ini Panduan Resmi Dari Dell Untuk Menghapus eDellRoot

By on November 26, 2015
eDellRoot

Setelah cukup lama jadi polemik, akhirnya Dell resmi merilis panduan untuk menghapus sertifikat digital eDellRoot yang pre-install di beberapa komputer buatannya. Pasalnya, selama ini banyak orang yang menyebut jika sertifikat tersebut sebagai alat yang berbahaya dan mudah dieksploitasi serangan cyber.

Perusahaan teknologi yang dikenal dengan laptop tangguhnya tersebut menyatakan jika sertifikat dipasang sebagai alat pendukung program layanan pelanggan, di mana fungsinya sendiri sebagai tag yang akan membuat pelayanan bisa dilakukan lebih cepat dan lebih baik.

Sayangnya, ternyata sertifikat tersebut malah menjadi titik lemah yang bisa dimanfaatkan oleh para peretas untuk menjebol keamanan sistem komputer. Walaupun begitu, pihak Dell menegaskan jika sertifikat tersebut bukanlah sebuah malware, melainkan hanya sebagai alat untuk identifikasi saja.

Berdasarkan situs resmi Dell, berikut merupakan cara menghapus sertifikat eDellRoot agar tidak membahayakan komputer atau laprop anda.

  • Buka Task Manager, kemudian pilih kolom Services yang ada di sebelah kirinya. Setelah itu, di kolom tersebut anda pilih Open Services yang terletak di bagian paling bawah kolom tersebut.
  • Gunakan fasilitas search untuk mencari Dell Foundation Service, setelah itu klik Stop the Service untuk mematikan layanannya.
  • Setelah itu, masuk ke File Explorer dan menemukan alamat c:\Program Files\Dell\Dell Foundation Services.
  • Setelah itu, tinggal hapus data dengan nama Foundation.Agent.Plugins.eDell.dll.jika ada peringatan yang muncul, sebaiknya abaikan saja.
  • Setelah itu, tekan tombol Windows di keyboard, kemudian msc dalam kolom pencarian dan tekan enter. Ketika sudah ditemukan, anda akan diminta untuk mengizinkan program tersebut melakukan perubaan di komputer. Silajkan pilih Yes saja.
  • Setelah halaman sertificate manager terbuka, selanjutnya klik dua kali di Trusted Root Certification Authorities pada panel sisi kiri, kemudian klik dua kali di folder Certificates.
  • Kemudian pilij sertifikat eDellRoot yang ditampilkan di panel sisi kanan, kemudian hapus data tersebut. ingat, pastikan hanya sertifikat eDellRoot saja yang dihapus agar tidak merusak sistem.
  • Setelah itu, kini eDellRoot sudah selesai dihapus dari dalam halaman certificate manager.
  • Yang terakhir, kembali ke halaman layanan, kemudian pilih Dell Foundation Services dan klik Start the Service. Dan sekarang sertifikat tersebut sudah dihapus, dan anda pun aman dari gangguan hacker.

Perlu di ingat, sebaiknya gunakan antivirus yang sudah terbukti keampuhannya agar komputer anda terbebas dari malware. Hati-hati dengan flashdisk yang sering di bawa ke tempat umum, dan usahakan untuk melakukan Scan secara menyeluruh setelah antivirus diperbaharui.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *