Ini Dia Cara Tingkatkan RAM untuk Android

By on September 28, 2013
4, Ini Dia Cara Tingkatkan pada Android

Sebagai pengguna Android beberapa dari Anda  mungkin sudah sering mengalami sistem Android yang berjalan lelet dan tidak secepat sebelumnya. Masalah yang mengganggu kenyamanan Anda tersebut dapat disebabkan oleh kapasitas RAM yang sudah hampir penuh. Hal ini dapat dapat  menyebabkan  sistem tidak dapat menjalankan aplikasi yang menghabiskan kapasitas memori yang cukup besar. Untuk menyelesaikan permasalahan Anda tersebut terdapat beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan RAM pada Android .

Kemampuan Android dalam menjalankan berbagai fitur dan aplikasi amat bergantung pada pada RAM yang tersedia. Hal ini disebabkan karena pada setiap device Android tidak selalu memiliki kapasitas RAM yang sama dengan kemampuan yang dimiliki. Kapsitas RAM akan semakin berkurang ketika banyak aplikasi yang dijalankan. Oleh sebab itu ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat mengoptimalkan RAM pada Android Anda :

1.     Mematikan Bluetooth, Wi-Fi

Para pengguna Android seringkali lupa mematikan Bluetooth atau Wi-Fi setelah menggunakannya. Jika hal ini terjadi secara berulang kali maka akan menggunakan kapasitas RAM dalam proses scanning karena fitur dan Wi-Fi akan terus mencari sinyal Wi-Fi yang ada di sekitarnya

2.      Minimalkan Widget

Widget adalah fitur yang memudahkan  Anda dalam mengakses fitur dari aplikasi yang Anda pasang Widgetnya. Meskipun pemasangan Widget ini dapat menjadi jalan pintas bagi Anda namun  jika terlalu banyak pemasangannya akan menyebabkan semakin banyak pula kapasitas RAM yang dibutuhkan.

3.     Mematikan Aplikasi yang tidak dipakai

Setelah menekan tombol back atau quite pada suatu aplikasi bukan berarti bahwa aplikasi yang Anda pakai sudah mati. Ada beberapa aplikasi yang walau sudah Anda keluarkan tapi jika dilihat pada task manager Android aplikasi tersebut masih berjalan. Jika seperti itu maka Anda harus mematikan aplikasi tersebut melalui task manajer.

Selain itu Anda juga dapat mengambahkan cara lain yaitu dengan menggunakan RAM booster. Tetapi lebih baik lagi jika Anda dapat mengoptimalkan kerja Android tanpa harus menggunakan aplikasi lain.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *