Ini Alasan Rooting Perangkat BlackBerry Hukumnya Haram?

By on February 6, 2016
rooting smartphone

Walaupun tidak disarankan, tapi banyak pengguna Android yang membuka akses root dalam perangkat miliknya demi mendapatkan akses yang lebih luas. Tapi mengenai hal ini, BlackBerry mewanti-wanti penggunannya untuk tidak melakukan rooting pada Priv.

Kenapa bisa seperti ini?

Seperti diketahui, banyak orang yang mencoba untuk membuka akses root pada perangkat Android mereka untuk bisa mendapatkan akses penuh ke dalam sistem operasi tersebut. bahkan setelah dibuka, pengguna bisa dengan bebas melakukan modifikasi dan hal lainnya yang mereka inginkan.

Salah satu keuntungan yang bisa dirasakan pengguna adalah, mereka akan bisa melakukan banyak hal, dari mulai menginstal aplikasi tertentu yang cuma bisa dilakukan dalam kondisi root, serta melakukan hal lainnya yang selama ini dibatasi oleh pihak pengembang.

Walaupun begitu, pihak BlackBerry menyatakan jika dibalik semua kemudahan yang diberikannya, rooting perangkat bisa mendatangkan berbagai ancaman, salah satunya adalah pembobolan data keamanan yang bisa merugikan pengguna sendiri.

Pasalnya, rooting sama saja dengan membuka akses penuh kepada perangkat tersebut, termasuk para hacker. Karena inilah celah keamanan pun akan terbuka lebar. Program jahat, virus dan berbagai hal lainnya, bisa dengan mudah masuk ke dalam perangkat tersebut.

Karena alasan inilah, Alex Manea, selaku Director BlackBerry Security, menyatakan jika membuka akses root di BlackBerry Priv sangat tidak disarankan atau bahkan dilarang keras. Apalagi BlackBerry sendiri dikenal sebagai produsen smartphone yang selalu protektif dengan perangkatnya.

Tidak hanya itu, Alex menyatakan jika rooting perangkat BlackBerry akan langsung menghanguskan garansi smartphone itu sendiri. Pasalnya, selain bisa menyebabkan tebrukanya celah keamaman, smartphone BlackBerry pun akan berjalan tidak normal alias tidak stabil.

Tips & Trik Rooting Smartphone Android

Risiko inilah yang harus benar-benar diwaspadai. Selain akan merugikan perusahaan sendiri, tentu saja rooting perangkat ini akan menyebabkan perangkat pengguna pun menjadi labil, alhasil nama besar BlackBerry sebagai perusahaan dengan keamanan tingkat tinggi, dipertaruhkan di sini.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda masih tetap ingin me-root perangkat BlackBerry, medingan jangan deh, daripada garansinya hilang. Bener nggak?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *