Ini Alasan Bakrie Beli Path

By on January 16, 2014
2. Ini Alasan Bakrie Beli Path 2

Aplikasi perangkat mobile memiliki prospek bisnis yang tampak sukses. Potensi profitnya hingga mencapai 301,3 triliun rupiah di akhir tahun 2015. Bisnis di bidang aplikasi mobile ini juga ternyata semakin populer dan menjamur. Apalagi dengan adanya dukungan dari sejumlah perangkat canggih seperti Smartpohone, Smartglasses,(kacamata pintar) dan Smartwatch (jam tangan pintar).  Ketiga jenis perangkat canggih ini akan semakin populer mengingat kebutuhan masyarakat modern sekarang ini yang membutuhkan akses media informasi yang super-cepat, akurat, dan canggih. Kondisi ini dibuktikan dengan adanya perkiraan angka penjualan kacamata pintar dan jam tangan pintar yang konon telah mencapai 130 juta unit di tahun 2018 mendatang.

Gartner memiliki prediksi yang berbeda. Gartner mempunyai prediksi  bahwa perangkat ponsel pintar (Smartphone) yang telah dipaketkan untuk tahun 2014 ini sudah mencapai 1.9 miliar. Dari angka 1.9 miliar unit, 1.1 miliar di antaranya adalah perangkat Smartphone berbasis Android. Sisanya adalah perangkat berbasis Windows (sebanyak 360 juta unit) , dan 344 juta unit perangkat ponsel pintar berbasis Apple iOS. Jika dibandingkan dengan perangkat berbasis Android, Apple iOS memang lebih sedikit. Meski begitu Apple berhasil meraup keuntungan hingga 10 miliar USD atau bila dirupiahkan menjadi 120 triliun. Angka laba yang fantastis ini merupakan hasil penjualan berbagai aplikasi di ‘toko’ aplikasi milik Apple yang bernama AppStore. Angka laba ini bertambah drastis dari yang sebelumnya hanya 6.8 miliar USD di tahun 2010.

path, bakrie, aplikasi, apple, smartphone

Banyak pengamat gadget yang memprediksikan bahwa di tahun 2015 mendatang , Apple sepertinya masih menjadi penguasa pasar mobile Apps. Mengapa? Market share-nya saja sudah mencapai 20,5 persen. MarketsandMarkets.com juga menyampaikan prediksikan bahwa mobile games akan menjadi elemen lainnya bagi bisnis mobile Apps di tahun 2015. Tahun 2014 ini saja, bisnis mobile games saja sudah mencapai USD 17 miliar. Angka ini meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya USD 6 miliar di tahun 2010 dan kini menjadi USD 17 miliar. Sungguh kenaikan yang fantastis, kan?

Dari angka di atas, Anda dapat ,menyimpulkan bahwa aplikasi mobile khususnya mobile game telah menyumbang sebesar 75 persen dari semua jenis mobile aplikasi di pasar mobile aplikasi. Jika dihitung-hitung mulai dari tahun 2009 hingga tahun 2014 ini, pasar mobile aplikasi telah tumbuh sebesar 29,6 persen tiap tahunnya. Prospek ini yang mendorong Bakrie Global Group untuk menanamkan sahamnya sebesar USD 25 juta atau setara dengan 304 miliar rupiah di path, salah satu jejaring sosial populer di dunia. CEO Bakrie Global Group mengatakan bahwa ikut sertanya Bakrie Global Group ini diharapkan dapat membuat pengguna Path di Indonesia semakin produktif dan terkoneksi. Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Path terbanyak di dunia.

path, bakrie, aplikasi, apple, smartphone

BACA JUGA:

Konsol Game Android Terbaru Keluaran Huawei

Mengenal Sosok Di Balik Foxconn

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *