Iklan Samsung Serang Apple Dinilai Efektif

By on May 10, 2014
2. Samsung Galaxy S5 Hadir di Indonesia Dengan Harga 8,5 Juta  2

Menurut lembaga Ace Matrix, ternyata Iklan Samsung Galaxy S5 yang baru saja diluncurkan oleh pihak Samsung beberapa waktu yang lalu dinilai telah menjadi iklan yang dianggap sebagai iklan yang paling tepat sasaran. Mereka mengatakan bahwa efektivitas iklan tersebut bahkan disebut sudah mampu menyaingi iklan fitur FaceTime Apple yang diluncurkan pada 2010 yang lalu. Lantas, benarkah demikian?

Ace Matrix sendiri merupakan lembaga analis yang bertugas untuk mengukur efektivitas setiap iklan yang ditampilkan di berbagai media, baik itu di televisi maupun di media lainnya, dan termasuk juga di media digital. Bahkan menurut lembaga Ace Matrix, ternyata iklan Samsung yang berjudul Everything Better tersebut telah berhasil menyampaikan pesan yang nyata kepada penonton dengan jelas dan gamblang tanpa embel-embel yang membingungkan.

Dalam iklan tersebut, pihak Samsung sendiri memang secara langsung terkesan membandingkan perangkat Samsung Galaxy S5 miliknya dengan iPhone 5s milik Apple yang merupakan pesaing utama mereka. Samsung sendiri dalam iklan ini terlihat mengunggulkan resolusi layar Galaxy S5 yang dinilai lebih besar ketimbang iPhone 5s tersebut. Selain itu, ternyata pihak Samsung tidak hanya menyandingkan smartphone melikinya dengan milik rival abadinya tersebut saja, Samsung juga bahkan memasukkan kata iPhone dalam iklannya sebagai bentuk serangan yang nyata.

Seperti dikutip dari laman Business Insider, pada Rabu (07/05/2014) kemarin, pihak lembaga Ace Metrix sendiri telah memberikan skor sebesar 715 untuk iklan Samsung tersebut. Tentu saja angka ini sedikit lebih tinggi jika dibanding dengan iklan smartphone kebanyakan yang skor rata-ratanya adalah 500 sampai 600 saja. Skor yang diberikan oleh lembaga Ace Matrix tersebut didapat dari mengumpulkan data wawancara konsumen yang menilai iklan berdasar karakteristik, misalnya saja seperti kemampuan persuasi, informasi yang akurat, daya tarik, dan relevansi iklan itu sendiri.

Perlu diketahui juga, beberapa waktu yang lalu, iklan Apple iPhone 5s saja dalam parameter Ace Metrix ini hanya mendapatkan skor sebesar 638. Dan ironisnya, skor tersebut justru menjadi yang paling tinggi yang pernah diraih oleh Apple sampai sekarang ini. Bahkan menurut Ace Metrix, ternyata iklan iPhone 5S tersebut memang mampu menggaet perhatian banyak pihak, tetapi sayngnya mereka gagal dalam menyampaikan informasi yang cukup untuk detail keunggulan iPhone 5C dan tingkat relevansinya jauh dari standar yang dimiliki oleh pihak lembaga Ace Matrix.

Walaupun demikian, Chris Matyszczyk, yang merupakan konsultan pemasaran menulis di situs Cnet yang intinya mengatakan bahwa Ace Metrix tentu akan lebih mengunggulkan Samsung karena perusahaan raksasa Korea tersebut menjadi salah satu klien utamanya. Matyszczyk juga menunjukkan link yang menunjukkan bahwa pada tahun 2012 lalu, pihak Samsung sudah mulai menggunakan jasa layanan Ace Metrix untuk membantu menganalisis dan membuat iklan yang efektif untuk pemasarannya.

 2. Samsung Galaxy S5 Hadir di Indonesia Dengan Harga 8,5 Juta  1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *