Hot News: Android Jelly Bean Akan Dinon-aktifkan

By on February 13, 2014
3. Hot News, Android Jelly Bean akan Dinon-aktifkan 2

Sebuah kabar mengejutkan dari California di mana isi kabar tersebut adalah Android Jelly Bean akan segera dinonaktifkan. Kabar ini masih belum diketahui kebenarannya karena pihak Google belum mengumumkannya secara resmi. Sistem operasi buatan Google ini kabarnya akan dinonaktifkan untuk memperluas jaringan pasar Android terbaru, Android 4.4 KitKat. Hal ini perlu dilakukan karena Google melihat bahwa meski sudah lama dirilis, Android 4.4 KitKat masih jarang ditemukan di beberapa seri perangkat ponsel. Dengan cara ini, kemungkinan besar pangsa pasar Android 4.4 Kitkat akan terdongkrak. Tapi Anda tak usah khawatir dulu, Android Jelly Bean yang akan dinonaktifkan adalah Android Jelly Bean 4.3 ke bawah.

Dilansir dari sebuah situs, PhoneArene, pada hari Rabu ini, Google dikabarkan menekan sejumlah produsen ponsel untuk menciptakan perangkat ponsel pintar yang mengusung sistem operasi Android KitkKat terbarunya. Masih dari sumber yang sama disebutkan juga bahwa ada beberapa seri OS Android yang akan menyusul Android Jelly Bean untuk dimatikan oleh Google. Daftar OS Android yang kabarnya akan dimatikan per 1 Februari 2014 antara lain Android Ice Cream Sandwich, Android Gingerbread, Android Honeycomb, dan Android Jelly Bean4.1. Pihak Google tidak akan memberikan lisensi pada perusahaan pembuat ponsel pintar untuk menyematkan sistem operasi Android yang sudah disebutkan di atas. Google juga tidak akan memberikan Google Mobile Services (GMS) untuk produk-produk ponsel pintar yang baru dibuat.  Google Mobile Service sendiri adalah sebuah layanan aplikasi untuk mobile phone yang terdiri dari beberapa jenis fitur yang diantaranya adalah Google Play Magizen, Google Photo, Google Music, Google Play Store, dan masih banyak yang lainnya.

android jelly bean, smartphone, aplikasi

Google tidak akan memproduksi lagi OS Android Jelly Bean 4.2 pada bulan April mendatang. Tak hanya itu saja, kabarnya juga Google tidak akan meneruskan produksi OS Android Jelly Bean 4.3 mulai tanggal 31 Juli 2014 nanti. Jadi, nantinya produk OS Android yang tersisa dan masih terus diproduksi adalah OS Android seri terbaru, yaitu OS Android 4.4 KitKat.

Masih belum diketahui pasti mengapa pangsa pasar Android 4.4 KitKat tak juga meroket seperti seri-seri OS Android sebelumnya. Dugaan mudahnya serangan malware pada OS Android masih menjadi alasan yang terkuat. Banyak pihak yang mengatakan bahwa  platform Android semakin tak aman. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa lebih dari 90 persen aplikasi Android disebut aplikasi yang berbahaya. Apple, saingan berat Google, juga menyebutkan bahwa Android menjadi target empuk malware. Memang benar beberapa waktu lalu Android sempat mendapat serangan malware yang menyamar sebagai aplikasi update keamanan sehingga jutaan pengguna Android terancam menjadi korban serangan malware ini.

android jelly bean, smartphone, aplikasi

BACA JUGA:

Kebijakan baru Google, peredaran Android Jelly Bean dihentikan

Samsung Galaxy S4 Update Android 4.3 Jelly Bean

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *