Henry Tan Setiawan Ikut Serta Awasi Peroses Perhitungan Pemilu Presiden 2014

By on July 31, 2014
Henry Tan Setiawan Ikut Serta Awasi Peoses Perhitungan Pemilu Presiden 2014 2

Salah satu warga Negara Indonesia yang mana bekerja di kantor pusat Microsoft yang berada di Redmond, Washington, Amerika Serikat sebagai peneliti teknologi, ikut berpartisipasi di dalam mengawasi proses penghitungan suara Pemilihan Umum Presiden Republik Indonesia tahun 2014 dengan membuatkan situs website yang mana beralamatkan www.pilpres2014.org. Untuk situs website tersebut dibuat oleh Henry Tan Setiawan, Henry ini memanfaatkan keterbukaan data dari hasil formulir DA1 yang berasal dari situs website milik Komisi pemilihan Umum. Henry mengerjakan situs ini sendirian tidak sepeti situs website KawalPemilu.org yang mana dikelola oleh setidaknya 600 relawan yang dilakukan dengan cara crowdsourcing. Menurut website www.pilpres2014.org sendiri diperoleh hasil bahwa Jokowi – JK lebih unggul dari dari pada Prabowo – Hatta Rajasa dengan total perolehan sementara 47,85% unuk Prabowo – Hatta sedangkan 52,15% untuk Jokowi – JK. Untuk peranti lunak dari Henry sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu peranti lunak yang istimewa karena hasil perhitungan suara secara otomatis karena didapatkan dan juga diperbarui oleh KPU setiap 2 jam pada hari minggu tanggal 20 juli 2014 pukul 2 siang, selain itu juga situs website ini menyediakan beberapa data visual serta beberapa riwayat dari data – data yang diunggah.

Henry Tan Setiawan sendiri membangun peranti lunak ini dengan menggunakan teknologi komputasi awan yang bernama Windows Azure, selain itu juga menggunakan teknologi open source salah satunya adalah KnockoutJS, JQuery, Microsoft Typescript, NET Framework, GitHub, HTML5, D3 Visualization dan juga Visual Studio 2013. Semua kode sumber situs tersebut dibagikan ke GitHub di bawah APACHE 2.0, dan juga temasuk dengan script automation, hal tersebut diungkapkan oleh Henry melalui sosial media dengan KompasTekno, pada dasarnya peranti lunak ini juga dapat dikembangkan oleh pihak yang lain dengan tujuan yang baik. Namun yang perlu diingat adalah hasil perhitungan tersebut bukanlah hasil resmi dari KPU, oleh karena itu ada baiknya jika masyarakat menunggu hasil resmi dari KPU itu sendiri, karena peranti lunak / situs website www.pilpres2014.org ini merupakan salah satu situs yang dibuat dengan tujuan memberikan informasi. Oleh karena itu masyarakat juga dapat berpartisipasi untuk ikut serta dalam mengawasi jalannya proses penghitungan suara agar nantinya hasil yang diperoleh merupakan hasil yang bersih dan juga jujur dengan demikian proses demokrasi yang ada di Indonesia ini dapat berjalan dengan lancar dan juga baik.

Henry Tan Setiawan sendiri lahir pada 7 Desember 1979 di Sukabumi, Jawa Barat, Henry juga menganyam pendidikan di Singapura dan terakhir melanjutkan studinya di Australia yang mana Henry mendapatkan gelar PhD. Kemudian Henry mulai bekerja di kantor pusat Microsoft tersebut pada tahun 2006 yang mana ditempatkan pada posisi software design engineer. Namun untuk sekarang Henry bekerja di kantor pusat Microsoft tersebut sebagai Microsoft Research dan mengerjakan project Adam yang mana merupakan proyek peranti lunak yang dapat menebak sesuatu hanya berdasarkan gambar yang diperoleh dari pengalaman belajar mesin pada zaman dahulu.

henry tan setiawan, pilpers 2014, perhitungan pilpers, pilpers

BACA JUGA:

Kasur Seorang Gadis Kecil Terbakar Gara-gara Samsung Galaxy S4

Lembaga Survei Penuai Kontroversi Hasil Hitung Cepat Pilpres 2014

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *