Hemat Kuota Internet di Smartphone

By on January 13, 2015
3. Hemat Kuota Internet di Smartphone 1

Sudah pasti setiap smartphone saat ini pasti bisa dipergunakan untuk mengakses internet, karena memang itulah daya tarik Android smartphone yang utama. Jika ada smartphone yang tidak bisa mengakses internet, baik dengan jaringan mandiri maupun WiFi itu bukan smartphone tapi stupidphone. Nah, walaupun semua smartphone telah memiliki koneksi internet, tetap saja banyak orang yang gak smart-smart amat dalam memanfaatkan fasilitas internet yang dimilikinya, salah satunya adalah memanfaatkan smartphone secara tidak terkontrol dan menghabiskan kuota internet.

Tak jarang banyak orang yang bingung, baru dua hari membeli kuota internet baru, kenapa sudah langsung habis. Memang layanan data internet saat ini sudah semakin cepat dan membuat Anda tak sadar jika telah mempergunakan kuota yang Anda beli sampai habis. Jika Anda mempunyai layanan data unlimited, mungkin Anda tak akan pernah kehabisan kuota, namun bagi Anda yang pas-pasan jatah kuota perbulan, ikuti tips berikut.

Jika Anda hendak mengupload video Anda yang berkualitas HD ke YouTube, sebaiknya jangan pakai kuota Anda sendiri, kecuali jika memang kuota Anda berlimpah atau sisa banyak sementara masa aktifnya tinggal sedikit. Sebaiknya Anda mencari spot WiFi gratisan seperti di kampus, café, atau bahkan di depan sebuah toko 24 jam dengan membeli sebotol air mineral. Selain ngirit kuota, mengupload video atau browsing di Wifi juga biasanya lebih cepat dari koneksi Anda sendiri, namun hal ini kembali lagi pada jumlah orang yang mengakses wifi yang sama.

Jika Anda hobi melakukan video call, bisa-bisa kuota Anda habis dalam sekejab. Jika tidak terpaksa,maka hindari video call ini kecuali Anda bisa menemukan hotspot yang cukup kencang untuk bervideo call dengan pacar atau teman Anda. Jika tak ingin kuota Anda habis, pergunakan saja voice call melalui berbagai aplikasi chatting seperti Whatsapp, yang selain gratis juga tidak memakan pulsa Anda. Atau jika Anda ngebet video call, datang saja ke warnet dan silahkan video call sepuasnya, sejam hanya 3000 rupiah saja.

Jika Anda penyuka Online Game, berhati-hatilah karena kuota internet Anda akan cepat habis karena game online selalu menggunakan koneksi untuk mengupdate game dan juga untuk bermain. Jika Anda tak ingin boros maka atur kembali batas kuota data  yang boleh Anda pakai untuk bermain game agar Anda tidak kebablasan saat bermain.

Aplikasi lain yang juga boros kuota internet adalah video streaming dan musik online. Sadar atau tidak saat Anda mengakses YouTube atau mendengarkan lagu online, kuota Anda bisa tersedot habis karena kedua jenis aplikasi ini adalah yang paling boros kuota. Untuk hemat kuota internet, sebaiknya Anda download dari Wifi atau ambil dari komputer dan pindahkan ke smartphone Anda, baru kemudian Anda nikmati.

3. Hemat Kuota Internet di Smartphone 2

Hemat Kuota Internet di Smartphone

Baca Juga :

Menggali Gorong-Gorong Untuk Akses Internet Lebih Cepat

Evercoss A10Q, Ponsel Terjangkau Handal Dalam Internetan

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *