Heartbleed Siap Infeksi Android Jelly Bean

By on April 16, 2014
6. Heartbleed Siap Infeksi Android Jelly Bean 1

Baru-baru ini jutaan situs terancam terkena retasan Heartbleed. Ternyata Heartbleed tak hanya mengincar situs-situs penting, melainkan juga siap menginfeksi sistem operasi pada perangkat-perangkat mobile garapan Google. Benar sekali, Android kini menjadi target selanjutnya. Android dikabarkan mempunyai potensi besar terserang  Heartbleed. Jutaan produk Smartphone dan Tablet bersistem operasi Android dikabarkan sangat rentan terhadap serangan para hacker akibat celah Heartbleed. Tingkat kerentanan yang tinggi ini hadir di sejumlah perangkat yang menggunakan sistem operasi Android dengan versi 4.1.1 Jelly Bean. Informasi ini disampikan oleh Google secara langsung  melalui situs blog resmi Google. Perusahaan online raksasa ini mengatakan bahwa celah yang ada di dalam sistem operasi Android dengan seri 4.1.1 Jelly Bean ini muncul karena adanya penggunaan  fitur OpenSSL yang mana katanya fitur ini adalah fitur yang paling rentan terhadap serangan Heartbleed bug.

Dilansir dari IBT Times edisi Senin 14 April 2014 kemarin, pihak Google sendiri tidak menjelaskan jumlah perangkatnya yang rentan atau berisiko mudah diserang oleh para hacker akibat celah Heartbleed bug. Namun data terbaru dari Google menunjukan ada sekitar 34,4 persen  dari 900 juta perangkat bersistem operasi Android masih menggunakan Android 4.1.1 Jelly Bean sebagai sistem operasinya. Dan parahnya lagi, ke-900 juta perangkat ini masih beredar di pasaran. Perlu Anda ketahui bahwa Android 4.1.1 Jelly Bean pertama kali dirilis tahun 2012. Perilisan Android versi terbaru ini adalah wujud perbaikan terhadap masalah yang ada di dalam sistem operasi Android 4.1.

heartbleed, harga samsung, android, android jelly bean, harga ipad

Hingga kini pihak Google sendiri masih belum menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan Heartbleed bug ini. Google belum bisa menjelaskan langkah apa yang akan dikerjakan untuk memperbaiki celah keamanan yang bernama Heartbleed bug. Perusahaan online terbesar di dunia ini menyampaikan klaim bahwa pihaknya telah mendistribusikan pembauran bug alias patch pada semua perusahaan yang menjadi mitra Android.

Bulan April ini sepertinya bulan yang penuh dengan masalah bagi Google. Selain mendapat pukulan masalah yang berkaitan dengan Heartbleed bug, di waktu yang sama Google juga sedang dirundung masalah yang berkaitan dengan kasus penjiplakan paten yang diklaim milik Apple. Perseteruan antara Samsung dan Apple akhirnya menyeret Google. Google menjadi saksi dalam persidangan kasus Apple vs Samsung bulan April ini. Apple menyatakan bahwa kelima paten miliknya dijiplak oleh Google untuk diaplikasikan pada Android.

Masalah lainnya yang juga menyita perhatian Google adalah masalah sistem keamanan yang kini sudah mulai lemah. Android dilaporkan sebagai sistem operasi untuk perangkat mobile yang paling banyak mendapat serangan dari virus dan malware. Tak tanggung-tanggung, serangan malware dan virus pada Android mencapai 97 persen tahun lalu. Angka ini meningkat cukup tajam di mana semula jumlah serangan malware dan virus pada Android hanya 79 persen saja.

heartbleed, harga samsung, android, android jelly bean, harga ipad

BACA JUGA:

Perhatikan Apakah Smartphone Anda Kebal Bug “Heartbleed”?

Waspadai HeartBleed di BBM Ponsel Anda

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *