Hati-Hati, Jebakan Malware Kini Di Yahoo

By on January 7, 2014
2. Hati-Hati, Jebakan Malware kini di Yahoo 1

Anda para pengguna internet yang aktif nampaknya kini harus waspada karena baru-baru ini ada rumor adanya jebakan malware di situs-situs penting termasuk situs terbesar, Yahoo. Isu serangan Malware nampaknya memang tak bisa dipisahkan dari dunia internet. Baru-baru ini sebuah perusahaan keamanan milik Belanda yang bernama Fox IT berhasil menemukan adanya serangan malware pada komputer dengan mengakses situs Yahoo.com. Para peneliti mengatakan bahwa penyebaran serangan malware yang masuk ke komputer melalui situs-situs berasal dari iklan-iklan online. Serangan malware tampaknya berhasil memanfaatkan sejumlah jaringan iklan di internet. Saat user mengklik iklan online yang sudah terpasang malware, dengan otomatis program jahat akan menyerang aplikasi java kemudian aplikasi Java terus menyebarkan kembali varian malware yang berbeda untuk ditularkan pada komputer/ laptop user. Perusahaan Fox IT melalui blog-nya telah memprediksikan bahwa sudah ada sekitar 300 ribu user yang menjadi korban setiap jam-nya. Tentu hal ini akan membuat komputer para korban rentan dengan serangan-serangan lainnya termasuk serangan yang berkedok iklan online yang sudah ditempeli program berbahaya ini. Potensi infeksi yang disebabkan oleh serangan malware ini sekitar 9 persen. Jadi kemungkinan besar angka penularan infeksi yang mengancam komputer-komputer lainnya sebesar 27 ribu setiap jam-nya. Dan negara yang paling terancam oleh serangan malware ini adalah Rumania, Perancis, dan Inggris.

malware, yahoo, virus, aplikasi

Fox IT masih belum mengetahui mengapa Rumania, Perancis , dan Inggris menjadi negara-negara yang paling terpengaruh oleh serangan malware ini. Mungkin ini ada kaitannya dengan adanya konfigurasi iklan yang berbahaya di situs Yahoo.com. Perusahaan keamanan dari Belanda ini kini sudah berhasil mendeteksi domain host yang mana ternyata domain host serangan di dunia internet ini berasal dari Belanda. Namun sayang pihak Fox IT masih belum bisa menemukan pelakunya. Kini setelah diketahui domain host-nya, trafik iklan berbahaya di situs Yahoo.com telah mengalami penurunan. Menurut Fox IT, kemungkinan besar Yahoo sudah berhasil mendeteksi masalah yang disebabkan oleh serangan malware.

Bersumber dari Cnet pada hari Minggu, 5 Januari 2013 lalu, Yahoo membenarkan bahwa pihaknya telah menemukan malware pada server Yahoo. Perusahaan Yahoo pun kini telah mengambil langkah sigap untuk segera menyelesaikan permasalahan ini. Ada sebuah iklan yang sengaja didesain untuk menyebarkan malware pada sejumlah pengunjung Yahoo.com, klarifikasi pihak Yahoo.

Masih berkaitan dengan malware, sebelumnya juga ada kasus di mana sekitar 4,6 juta malware berhasil menyerang para gamer di dunia. Malware juga berhasil menginfeksi ponsel-ponsel berfasilitas WhatsApp beberapa waktu yang lalu. Malware memang sangat merugikan. Kasus-kasus lainnya yang pernah terjadi karena adanya serangan malware antara lain kasus serangan malware yang berhasil menyerang Google Play, malware yang menyerang  aktivitas banking, dan masih banyak kasus lainnya.

malware, yahoo, virus, aplikasi

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *