Hati-Hati Dengan Surat Pajak Spam

By on April 30, 2014
2. Hati-Hati Dengan Surat Pajak Spam 1

Dunia internet tidak bisa aman 100%, selalu ada kemungkinan Anda akan menghadapi berbagai resiko keamanan dan bahkan penipuan di dunia internet. Sudah banyak sekali laporan yang menyebutkan adanya serangan terhadap suatu jaringan, baik itu serangan hacker, trojan, maupun serangan-serangan yang sifatnya merusak, mencuri, dan banyak lagi. Salah satu contoh serangan adalah spam dan phishing.

Spam adalah email yang berisi link-link yang tidak berguna dan bahkan berisi juga virus trojan yang sangat berbahaya yang mampu mencuri berbagai informasi-informasi penting dari komputer Anda. Tidak lama ini, ada laporan yang menyebutkan bahwa serangan phishing di internet meningkat akhir-akhir ini dan yang sering menjadi sasaran mereka adalah email serta situs jejaring sosial. Oleh sebab itu beberapa vendor antivirus terkenal memperingatkan bahwa Anda harus hati-hati dengan segala kiriman pesan, baik di email maupun di akun sosial Anda yang berasal dari sumber-sumber yang tidak jelas yang menyertakan link-link.

Bahkan ada laporan juga bahwa telah terdeteksi adanya surat pajak spam, yaitu surat pemberitahuan pajak terhutang atau SPT yang dikirim ke email wajib pajak. Email spam tersebut berisi lampiran yang seharusnya adalah laporan keuangan dan perhitungan pajak, namun telah dirubah dan berisi trojan untuk mencuri informasi personal. Ada berbagai cara trojan tersebut diaktifkan oleh pengguna, yang pertama adalah adanya perintah untuk mengklik suatu link di email tersebut dan kedua adalah trojan yang langsung aktif begitu lampiran email tersebut dibuka.

surat pajak, spam, trojan, online games, virus

Oleh sebab itu untuk menghindari surat pajak spam, maka Anda harus hati-hati dan memperlakukan semua email, termasuk email yang kelihatanya penting dengan cara yang super hati-hati. Yang pertama, setelah didownload, semua email harus discan terlebih dahulu dengan anti virus agar aman dan kedua, jangan sembarangan untuk meng-klik link yang ada didalam email jika Anda  tidak tahu link itu menuju kemana.

Menurut perusahaan keamanan Kaspersky, paling tidak ada enam macam trojan yang paling berbahaya yang sering dilampirkan pada email yang salah satunya ada pada surat pajak spam, mereka adalah Trojan-Spy.HTML.Fraud.gen yang tampilanya seperti email dari perusahaan-perusahaan besar, toko online, dan banyak lagi. Ada juga Aspxor Nerwork Worm, yang merupakan worm jaringan. Berikutnya adalah E-mail-worm.win32.bagle.gt yang bisa menduplikat diri sendiri dan mengirimkan duplikat tersebut ke seluruh alamat email di komputer yang telah terinfeksi.

Zbot Trojan adalah jenis trojan yang mencuri informasi rahasia dan berikutnya ada The Bublik family of trojan downloader. Program ini mengunduh secara otomatis file-file berbahaya kedalam komputer dan lalu menjalankanya dan yang terakhir adalah the andromeda Family of Backdoors. Trojan ini mengubah komputer Anda menjadi botnet yang akan dipergunakan dalam kejahatan yang dilakukan oleh hacker tersebut.

surat pajak, spam, trojan, online games, virus

BACA JUGA:

Mantan CEO Oppo Kini Membesut Android OnePlus

Proses Akuisisi Nokia oleh Microsoft Akhirnya Selesai

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *