Hati-Hati Android Banyak Penyakit

By on January 24, 2014
3. Android Banyak Penyakit 1

Seperti halnya manusia ternyata robot juga bisa sakit bahkan lebih parah. Baru-baru ini para peneliti keamanan menemukan celah penyakit yang bisa dipergunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data. Penyakit ini ditemukan pada si robot hijau alias android. Memang para ahli sudah sejak lama memperingatkan bahwa android banyak penyakit dan beresiko merugikan Anda, terutama bagi Anda yang memanfaatkan berbagai perangkat android dalam pekerjaan sehari-hari.

Seperti diberitakan, satu grup peneliti di ben Gurion University di Israel menyebutkan bahwa android bisa dipergunakan untuk mencuri arus lalulintas data dengan memanfaatkan VPN atau Virtual Private Network. Ada semacam lubang keamanan yang tidak terdeteksi yang bisa dimanfaatkan oleh malware-malware jahat untuk menyaring dan mengalihkan lalu lintas data dan mengirimnya ke server yang telah disiapkan.

Para ahli menambahkan bahwa selain android banyak penyakit, enkripsinya juga tidak begitu baik. Bug yang ada dalam android ini mampu mencegah data yang seharusnya di enkripsi menjadi tidak dienkripsi sehingga lebih mudah untuk dibaca oleh pihak lain dengan mempergunakan suatu mesin. Selain itu keamanan terbuka ini bisa saja terjadi pada semua perangkat yang mempergunakan android  dan parahnya penyakit ini bisa ditularkan tanpa adanya akses root.

 android, smartphone, gadget, virus, malware

Dengan demikian kode atau aplikasi pencuri ini bisa dimasukkan kedalam aplikasi apapun dan begitu Anda mendownload serta menginstal aplikasi tersebut maka secara tidak sadar Anda juga menginstall aplikasi pencuri data yang ada didalamnya. Begitu Anda menjalankan aplikasi tersebut maka yang akan terjadi adalah Anda mengaktifkan program yang berbahaya tersebut dan data-data Anda seperti nomer kartu kredit, alamat, pin, dan file-file penting bisa dicuri dengan mudah

Oleh sebab itu jika Anda peduli dengan keamanan android Anda beserta file-file yang Anda disimpan di dalamnya maka sebaiknya Anda tidak sembarangan mengunduh dan menginstal program dan aplikasi sembarangan karena bisa saja program yang Anda unduh sudah disisipi dengan malware jahat yang akan mencuri data dari android Anda. Oleh sebab itu sebaiknya Anda menginstal sebuah aplikasi anti virus yang berguna untuk menyaring file-file yang Anda unduh agar terbebas dari virus dan malware yang berbahaya seperti disebutkan diatas tersebut. Anti virus juga berguna untuk men-scan perangkat Anda secara periodik agar terhindar sepenuhnya dari bahaya-bahaya virus dan sejenisnya.

Selain itu untuk mengatasi masalah android banyak penyakit maka sebaiknya Anda hanya mendownload dan menginstall program dari sumber terpercaya. Google Play Store adalah satu-satunya tempat dimana Anda bisa mendownload program dan aplikasi secara aman dan bebas virus. Di Google Play semua aplikasi telah diteliti dan di-scan sehingga kecil kemungkinan adanya malware atau program berbahaya didalamnya.

 android, smartphone, gadget, virus, malware

BACA JUGA:

Mau Meningkatkan Keamanan Lock Screen Pada Android Anda? Maka Gunakan Tips Ini

Samsung Galaxy S5 Pun Memakai Fingerprint

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *