Hardisk Eksternal Tidak Konek! Ini Solusinya

By on October 28, 2013
5a Hardisk Eksternal Tidak Konek! Ini Solusinya

Ada kalanya Hardisk Eksternal yang anda miliki mungkin akan mengalami masalah, salah satunya adalah Hardisk Eksternal tersebut ternyata tidak terbaca di gadget atau komputer yang anda miliki. Maka dari itu, anda harus melakukan sesuatu dengan segera untuk mengatasinya. Kebutuhan akan Hardisk Eksternal memang sangat penting untuk dimiliki. Bahkan jika sampai hardisk tersebut rusak, maka anda akan mengalami masalah yang signifikan nantinya, contohnya adalah anda tidak akan bisa menyimpan data anda lagi. Inilah beberapa hal yang harus anda lakukan saat Hardisk Eksternal yang anda miliki tidak terbaca oleh gadget Anda.

Pertama, hal yang harus anda lakukan adalah membuka Disk Management. Ini bisa Anda lakukan dengan mudah dengan menekan Windows Key + R. Nanti anda akan masuk ke dalam kolom kecil yang terletak di bagian kiri bawah layar windows Anda. Kemudian, masukan diskmgmt.msc lalu tekan run atau langsung saja tekan enter. Setelah itu, anda bisa langsung melihat daftar disk atau hardisk yang ada di gadget anda melalui fasilitas disk management ini. Apabila ternyata memang tidak ada Hardisk Eksternal yang terpasang di PC atau gadget anda maka fitur dari disk management tersebut akan menunjukannya.

Kedua, ada kalanya Hardisk Eksternal yang tidak bisa terdeteksi di PC atau gadget Anda ternyata memiliki kesalahan dalam sistemnya yaitu belum anda format sama sekali. Masalah ini biasanya akan muncul pada saat Anda membeli Hardisk Eksternal dan menggunakannya pertama kali. Jika anda ingin membuatnya bisa digunakan lagi, maka langkah yang harus anda lakukan adalah melakukan format terhadap Hardisk Eksternal yang Anda gunakan tersebut. Pastikan untuk memilih format Hardisk Eksternal Anda dengan menggunakan NTSC dan jangan menggunakan FAT karena nantinya program atau file besar tidak akan bisa disimpan di Hardisk Eksternal yang Anda gunakan.

Ada kalanya langkah diatas tidak akan bisa memberikan solusi yang signifikan bagi anda maka dari itu anda harus masuk ke pilihan setting yang ada di PC atau gadget anda kemudian pilih hardware. Usai melakukan hal tersebut, lihatlah di bagian koneksi Hardisk Eksternal apakah ada tanda seru atau tidak. Jika ada tanda seru maka ada baiknya jika Anda membiarkan windows untuk memecahkan masalah tersebut secara otomatis dengan fitur auto solve problem yang ada di windows tersebut, atau anda juga bisa mengandalkan internet untuk menyelesaikan masalah yang satu ini. Dengan melakukan langkah yang satu ini maka presentase Hardisk Eksternal Anda menjadi konek lagi akan bisa mudah untuk didapatkan. Kemudian, ada kalanya Hardisk Eksternal yang Anda miliki tersebut memang rusak parah sekali sehingga tidak bisa digunakan lagi. Solusi untuk mengatasi hal ini tidak lain adalah membeli Hardisk Eksternal yang baru.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *