Hantu Pengguna Windows?

By on February 1, 2014
1. Hantu Pengguna Windows 1

Apa sebenarnya yang paling ditakuti dan dihindari oleh pengguna komputer? Jawabannya pasti virus. Benar sekali. Virus atau istilah lainnya malware merupakan program jahat yang dapat mengancam jutaan bahkan miliaran pengguna komputer. Di tahun 2014 ini, terdapat sebuah program jahat yang paling ditakuti. Namanya adalah Cryptolocker. Berita terbaru seputar virus ini didapatkan dari Vaksincom yang mengatakan bahwa Cryptoclocker menjadi ancaman yang paling ditakuti oleh pengguna Windows di seluruh dunia. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Alfons Tanujaya selaku seorang analis virus pada hari Kamis 30 Januari 2014 ini. Ia menambahkan bahwa ancaman virus Crypolocker ini sepertinya akan berlangsung sangat lama.

Alfons menyampaikan alasan mengapa virus ini bisa bertahan sanagat lama . Alasannya adalah karena virus baru ini memiliki senjata utama yang digunakan untuk mengenkripsi berbagai data penting pada komputer para korbannya. Virus ini memiliki kemampuan enkripsi dengan enkripsi RSA 2048. Jenis enkripsi ini terkenal sangat ampuh dan hingga kini belum ada obatnya.  Jika varian dari virus Cryptolocker ini terdeteksi oleh antivirus, maka Cryptolcker ini akan membuat varian lain dan kembali menyerang data-data penting. Cryptolocker menggunakan bitcoin untuk mendapatkan sejumlah uang. Sayangnya virus ini sulit sekali untuk dilacak. Alfons pun sangat yakin bahwa sudah banyak transaksi pembayaran ransom Cryptolocker dengan melalui bitcoin. Vaksincom memiliki beberapa bukti yang bisa dikatakan cukup kuat tentang pembayaran ransom Cryptolocker ini.

Hebatnya lagi, Cryptolocker ini mempunyai sebuah kemapuan luar biasa lainnya yaitu menciptakan domain secara acak yang dapat dihubungi sehingga sulit untuk memblokir situs-situs yang akan diakses  seperti yang dulu pernah dilakukan terhadap Conficker. Para vendor antivirus pernah melakukan hal yang sama untuk membasmi virus yang disebut Conficker.

cryptolocker, virus, komputer, malware

Hingga kini Alfons menyampaikan bahwa sudah ada beberapa perusahaan yang menjadi korban Cryptolocker. Vaksincom sendiri pun kini sedang membuat tools khusus untuk menangkal malware yang sangat membahayakan ini. Vaksincom tidak ingin perusahaannya mudah diserang oleh Cryptolocker. Vaksincom akan berusaha untuk membuat antivirusnya sehingga komputer-komputer bisa kebal dari varian-varian Cryptolocker yang kini sudah mulai meresahkan.

Bagi Anda para pengguna Windows yang sangat aktif, Anda wajib waspada terhadap serangan malware ini karena hingga kini belum ada antivirusnya. Selalu berhati-hati dengan situs yang kiranya kurang valid dan cukup asing karena bisa saja situs tersebut sudah terinfeksi salah satu varian Cryptolocker. Selalu update antivirus agar setiap kali ada virus yang masuk ke dalam komputer Anda akan terdekeksi dan ditangani oleh antivirus Anda. Gunakan antivirus asli dan pastikan Anda meng-update-nya secara rutin. Dengan cara ini kemungkinan besar Anda akan terhindar dari serangan malware yang sangat membahayakan komputer dan data-data Anda.

cryptolocker, virus, komputer, malware

BACA JUGA:

Nvidia TegraZone Untuk Game Mobile Favorite Di Android

Ini Nih Alasan Banyak Orang Memakai Game Booster

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *