Hal yang Harus Diperhatikan dalam Bermain Game Mobile

By on October 7, 2013
4.Hal yang Harus Diperhatikan dalam Bermain Game Mobile1

Dulu sebelum era ponsel pintar berkembang seperti saat ini, Anda harus meluangkan waktu khusus untuk memainkan game kesayangan Anda lewat komputer atau game konsol. Anda memang harus memainkannya di rumah atau mungkin di tempat-tempat tertentu yang menyediakan komputer atau  game konsol tersebut. Saat itu, sangat tidak mungkin bagi Anda untuk memanfaatkan waktu luang sesempit apa pun untuk memainkan game terlebih saat Anda berada di kantor.

Kini, era game mobile sudah merambah seluruh dunia terlebih dengan penyebaran ponsel dan internet yang bak cendawan di musim penghujan. Sebelumnya banyak ponsel memang sudah dilengkai dengan game sederhana, tetapi kini game yang bisa dimainkan lewat ponsel lebih beragam dan menawarkan keasyikan yang tidak kalah dengan bermain game konsol atau game komputer.

Namun, dunia game mobile sendiri berkembang sangat cepat seiring dengan perkembangan ponsel pintar yang juga sangat pesat. Jika Anda tidak ingin berakhir malu saat memainkan game lewat ponsel pintar Anda, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting dalam bermain game melalui ponsel pintar. Ada beberapa istilah dan pengetahuan yang sebaiknya Anda tahu dalam dunia game lewat perangkat ponsel pintar ini.

Istilah pertama yang harus Anda ketahui adalah IAP (In App Purchase) yang merupakan sistem pembelian item virtual termasuk gold. Item atau nyawa tersebut dijual di dalam game dan bisa dibeli oleh pengguna lewat IAP tanpa harus keluar dari aplikasi game tersebut. Pembelian IAP dilakukan dengan uang asli lewat sistem pemotongan kartu kredit. Anda mungkin menemukan banyak game yang ditawarkan secara gratis, tetapi Anda harus membeli beberapa item penting lewat IAP. Tidak bias dipungkiri bahwa peran IAP sangat penting tidak hanya bagi produsen game melainkan juga penggemar game.

Dalam proses penginstalan game, Anda harus mengetahui dan mempertimbangkan ukuran file di lembar aplikasi yang semakin besar setelah dilakukan penginstalan. Selain itu, mungkin Anda sempat merasa pusing saat game yang sudah Anda instal terhapus dari ponsel Anda. Namun, jika Anda pengguna Android dan iOS, Anda tidak perlu cemas karena Google Play dan iOS mempunyai fitur cloud save yang secara otomatis menyimpan data game Anda sehingga saat game tersebut Anda instal ulang, game yang disimpan diunduh dari server tanpa perlu backup manual. Sayangnya belum semua game menggunakan fitur cloud save ini.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengguna game mobile adalah jangan pernah menghapus game dari game center karena seluruh pencapaian dan backup otomatis di cloud save juga akan terhapus.

Selain itu, Anda juga perlu mengenal istilah ‘premium’ yang berkaitan dengan game berbayar dan biasanya tidak menggunakan IAP, istilah ‘freemium’ yang ditawarkan gratis dengan menggunakan IAP dan iklan, serta ‘free’ yang benar-benar ditawarkan secara gratis tanpa pembayaran sepeser pun. Anda juga jangan lupa memperhatikan GPU dan RAM untuk memastikan bahwa Anda bisa memainkan game dengan efisien.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *