Haier Bangun Pabrik Baru Smartphone Di Indonesia

By on March 13, 2014
haier-sales-indonesia

Harus diakui bahwa pesona Indonesia sebagai konsumen produk ponsel pintar di dunia sedang menjadi sorotan, hal tersebut karena banyaknya vendor ponsel pintar yang akhirnya memilih Indonesia sebagai salah satu sasaran market utama mereka, dan bahkan beberapa diantaranya sampai membuka pabrik perakitan di Indonesia.

Salah satu dari vendor tersebut adalah Haier yang merupakan Vendor asal China yang berencana untuk segera membangun pabrik perakitan dan juga pengemasan ponsel pintar di Indonesia. Menurut keterangan Wang Zhang Zhong, yang merupakan Manajer Umum Departemen Luar Negeri Haier, mengatakan bahwa harus pabrik smartphone di Indonesia tersebut rencananya akan seggera dioperasikan pada September 2014 nanti. Bahkan sekarang ini, pihak dari Haier sendiri kabarnya tinggal menunggu izin dari pemerintah setempat saja untuk segera mengoperasikan pabrik smartphone Haier pertama di Indonesia tersebut.

Wang Zhang Zhong menambahkan bahwa untuk tahap awal ini pihaknya hanya akan membuat pabrik produksi perakitan dan juga sekaligus pengemasan di Indonesia ini. Akan tetapi untuk tahun berikutnya, pihaknya mengatakan bahwa akan ada rencana yang lebih jauh lagi, walaupun smeuanya belum pasti, fasilitas SMT atau software manufacturing tool juga akan segera di dirikan Di Indonesia ini.

Selain untuk memproduksi smartphone merek Haier, ternyata pembangunan pabrik di Indonesia ini bertujuan untuk dapat mempercepat suplai Haier kepada Smartfren. Karena seperti kita ketahui semuanya bahwa Haier sendiri merupakan salah satu vendor utama pemasok perangkat Android untuk Smartfren di Indonesia ini. Dan bahkan dalam memproduksi Andromax seri terbarunya tersebut, ternyata Smartfren telah menggandeng Haier sebagai vendor utamanya.

Menurut Wang sendiri, kabarnya pabrik ponsel pintar tersebut akan segera dioperasikan pada bangunan pabrik elektronik Haier yang memang sudah ada sebelumnya yang berlokasi di kawasan Industri Cikarang. Bahkan Wang sendiri mengatakan bahwa pabrik ponsel Haier kedua yang akan dibangun di luar China ini kabarnya akan sama standarnya dan juga fasilitasnya dengan pabrik perakitan ponsel Haier yang ada di Shenzhen China sana.

Sebagai informasi tambahan, sebelum emndirikan pabrik perakitan dan juga pengemasan di Indonesia, ternyata Haier sendiri telah membangun beberapa pabrik ponsel lainnya di Meksiko Amerika Utara. Sedangkan untuk di China sendiri, kabarnya Haier ini telah berhasil membangun sebanyak empat pabrik ponsel di negara asalnya tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Wang juga mengatakan bahwa Indonesia ini merupakan salah satu pasar terbesar yang ingin dia kuasai, hal tersebut karena banyaknya jumlah penduduk di Indonesia dan pola kehidupan di Indonesia yang sangat suka dengan produk terbaru. Bahkan dalam kesempatan tersebut, Wang sendiri sangat yakin bahwa dengan dibangunnya pabrik ini, maka Indonesia kedepannya akan menjadi pasar ponsel Haier terbesar kedua setelah Eropa.

Smartfren-Haier-Maxx

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *