GreenCloud Juara Kedua Blackberry STEM

By on December 27, 2013
Print

Saat ini ada banyak sekali kegiatan manusia yang tidak ramah lingkungan sama sekali. Hal ini mengancam ekosistem bumi dan sekaligus meningkatkan resiko global warming yang bisa membuat es di kedua kutub meleleh dan membuat banjir dimana-mana. Hal-hal yang tidak ramah lingkungan ini lantas memercikan ide kepada beberapa orang siswa yang berprestasi yang kemudian menciptakan sebuah aplikasi bernama GreenCloud yang intinya ikut memerangi tindakan-tindakan yang tidak ramah lingkungan. Setelah aplikasi ini dipresentasikan maka mengantar mereka ke Meksiko.

Tim siswa-siswa SMA yang terdiri dari Shin Wonseob, Farenanda Satria, Karina Sarah, Muhammad Enrinal dan Radhityana Muhammad ini langsung menyabet juara kedua Blackberry STEM. Ajang ini adalah kompetisi Blackberry Science, Technology, Engineering and Maths Global Innovation Challenge yang diselenggarakan di Meksiko. Aplikasi GreenCloud ini sangat memukau juri dan hanya kalah dari tim tuan rumah dengan skor yang sangat tipis.

Para juri Blackberry STEM ini sangat antusias dengan ide-ide yang diajukan oleh tim dari Indonesia ini melalui aplikasi yang telah mereka buat. Menurut para juri, tim Indonesia melakukan presentasi yang sangat menarik dan disajikan dengan baik serta telah melalui penelitian yang menyeluruh sebelumnya. Menurut para pembuat GreenCloud, aplikasi ini  berfungsi untuk membantu mengurangi rekam jejak ekologi atau ecological footprints.

 blackberry

Pada intinya, aplikasi yang memenangkan juara kedua Blackberry STEM ini menghitung rekam jejak karbon setiap individu. Selain itu aplikasi ini juga membantu para penguna dalam mencari dan memilih produk-produk yang sangat ramah lingkungan sehingga kerusakan dunia bisa dikurangi dengan drastis. Dengan mempergunakan produk ramah lingkungan maka ecological footprint bisa dikurangi dalam jumlah besar apalagi sebagian besar produk ramah lingkungan justru lebih murah harganya.

Selain itu, program GreenCloud ini juga memberikan beberapa ide dan saran untuk pengguna dalam keikutsertaan mereka dalam memperbaiki lingkungan. Diharapkan dengan GreenCloud setiap orang bisa berpatisipasi dalam mengurangi resiko kerusakan bumi secara aktif tanpa harus disuruh oleh orang lain. Dengan kata lain GreenCloud berusaha menumbuhkan kesadaran pribadi akan pentingnya lingkungan hidup.

Untuk menarik minat orang mempergunakan aplikasi GreenCloud dan ikut serta dalam penyelamatan alam maka aplikasi yang hebat ini dibuat dalam bentuk media sosial semacam Facebook. Di media sosial tersebut para pengguna bisa berlomba dan pamer bagaimana mereka menjadi orang yang paling ramah lingkungan. Setiap perilaku yang ramah lingkungan juga akan mendapat reward atau hadiah berupa pin/badge yang terpampang di profil pengguna tersebut dan hadiah bagi pemenangnya.

Kompetisi yang diadakan Blackberry ini bukan yang terakhir karena perusahaan Kanada ini akan terus memotivasi anak-anak muda untuk berkarya. Dengan kompetisi semacam ini kesadaran lingkungan akan terpupuk dan selain itu generasi muda tergerak untuk berinovasi.

blackberry

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *