Google Urunan Untuk Bayar Denda Samsung ke Apple

By on April 25, 2014
BOSNIA/

Sudah sejak beberapa waktu yang lalu persidangan gugatan paten yang diajukan Apple kepada Samsung telah dilakukan dan beberapa keputusan awal mengenai hak paten yang dilanggar Samsung telah diputus dan Samsung harus membayar sejumlah besar uang kepada Apple atas pembayaran paten yang dilanggar. Hal ini memang mesti dilakukan Samsung walau saat ini masih ada beberapa hak paten yang masih dalam taraf persidangan yang juga belum diputus oleh pengadilan. 

Namun rupanya, denda Samsung ke Apple tersebut tidak seluruhnya harus dibayar oleh Samsung sendiri karena ternyata Google ikut urunan untuk membayar denda tersebut. Hal ini terungkap dari informasi yang didapatkan dari pengacara Google yang ikut terlibat dalam persidangan Apple melawan Samsung. Informasi tersebut valid karena pengacara tersebut membeberkan beberapa email antara Google dan Samsung yang berisi kesediaan Google melindungi Samsung dan bersedia membayar ganti rugi yang dialami oleh Samsung jika tersangkut hukum pelanggaran paten dan fitur android.

Dengan berdasar email tersebut maka sudah jelas bahwa Google memang bersedia untuk ikut iuran untuk membayar denda Samsung ke Apple yang dijatuhkan pengadilan karena kasus yang perusahaan ini hadapi melawan Apple. Dengan begitu maka Samsung tidak akan begitu rugi dalam membayar uang denda kepada Apple  yang jumlahnya memang tidak sedikit dan memang berat jika ditanggung oleh Samsung sendiri.

samsung vs apple, google, hak paten apple, gadget, aplikasi android

Namun saat ini masih ada dua paten yang menjadi masalah antara Samsung dan Apple yaitu paten mengenai Background synchronization dan paten mengenai Universal Search. Jika dalam kasus dua paten ini Samsung kembali kalah, maka Google juga akan ikut turut membantu membayarkan denda Samsung ke Apple yang ditentukan oleh pengadilan. Kesepakan antara Google dan Samsung ini memang sudah tertuang pada Mobile Application Distribution Agreement yang menyebutkan Samsung bersedia mendistribusikan segala aplikasi Google pada perangkat Galaxy, dan sebagai imbalan, maka Google akan membantu Samsung jika terlibat masalah hukum terkain fitur-fitur tersebut.

Sebenarnya persetujuan Google untuk membantu Samsung juga diaplikasikan pada seluruh vendor lain yang memakai aplikasi dari Google. Hal ini ditujukan memang untuk melindungi para vendor ponsel android dan juga menjadi hubungan timbal balik yang baik antara Google dan para vendor ponsel android. Google juga pernah membantu HTC saat perusahaan Taiwan ini bermasalah dengan Nokia tentang beberapa fitur yang diklaim milik Nokia.

Dukungan yang diberikan Google bukan saja uang namun juga dukungan teknis, dan banyak lagi. Oleh sebab itu tak heran jika ada banyak sekali vendor ponsel yang memutuskan untuk mempergunakan dan memasarkan android beserta segala aplikasi dan juga produk-produk android, karena selain terlindungi, mereka juga akan mendapat keuntungan yang besar karena kepopuleran android.

samsung vs apple, google, hak paten apple, gadget, aplikasi android

BACA JUGA:

Sukses Samsung Bukan Hasil Jiplakan

HTC Bajak Chief Marketing Samsung

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *