Google Akan Melenyapkan Tombol Power Dalam Smartphone?

By on December 8, 2014
Turn-Your-Device-Off

Selama ini, salah satu tombol yang sangat setia menyertai dalam sebuah ponsel adalah tombol power. Tentu kita tidak akan bisa membayangkan kalau tombol fungsional ini meghilang dari peradaban smartphone. Walaupun begitu, berdasarkan sebuah informasi terbaru di dunia maya mengatakan, kemungkinan besar Google akan membuang tombol fungsional tersebut.

Salah satu indikasi akan lenyapnya tombol power ini bermula ketika Google merilis sistem operasi Android Lollipop yang disatukan dengan perkenalan perangkat Google Nexus 6 dan Nexus 9. Pada saat itu, banyak orang yang tidak menyadari kalau kedua perangkat tersebut sudah tidak mengadopsi tombol tersebut. dengan kata lain, Google secara tidak langsung sudah mulai menghapus keberadaan tombol power ini dalam sebuah smartphone.

Dalam perangkat yang terbaru Google tersebut, fungsi tombol power sudah mulai dihilangkan. Sebagai gantinya, Google menggunakan fitur lain, yakni ambient mode dan tap-to-wake untuk menghidupkan kembali smartpone ketika sudah dalam posisi sleep (smartphone bukan dalam keadaan off atau mati).

Misalnya saja, dalam perangkat Google Nexus 6, pengguna sekarang ini tidak perlu lagi menekan tombol power untuk menghidupkan layar smartphone. Pengguna hanya perlu mengaktifkan ambient mode, setelh fitur tersebut diaktifkan, maka secara otomatis layar smartphone akan masuk dalam mode sleep, sedangkan untuk menghidupkannya, pengguna hanya perlu mengangkat smartphone tersebut.

Sedangkan dalam perangkat Googe Nexus 9, para pengguna kini hanya perlu mengetuk layar perangkat tersebut untuk membangunkan tablet tersebut setelah tertidur.

Tidak hanya itu, Google juga tidak menyediakan banyak menu dalam smartphone Android, bahkan menu yang ada sekarang ini akan cenderung tidak berguna sama sekali karena menu-menu yang menghilang tersebut akan bisa diakses dengan mudah dengan cara pintas lainnya. Dengan terobosan baru dari Google ini, tidak heran kalau sekarang ini banyak yang memprediksi kalau Google akan segera melenyapkan secara permanen fungsi tombol power dalam perangkatnya di masa yang akan datang.

Dengan kehadiran rumor ini, pantas saja kalau anda bertanya, bagaimana cara menghidupkan atau mematikan smartphone kalau tidak ada tombol power tersebut?

Untuk mengganti tombol tersebut, kedepannya para vendor smartphone Android hanya tinggal mengintegrasikan fungsi power tersebut dalam tombol volume. Contohnya, ketika anda akan mematikan smartphone yang sedang anda gunakan, maka anda bisa menekan kombinasi tombol up (tombol untuk menaikkan level volume) dua kali, kemudian menekan tombol down (tombol untuk menurunkan level volume) sebanyak satu kali.

Walaupun begitu, beberapa prediksi mengatakan kalau tidak semua vendor akan mengikuti kebijakan Google ini. bagaimanapun juga, tombol power ini masih sangat dibutuhkan pengguna karena tidak selamanya smartphone akan dibiarkan mati, bahkan smartphoen tersebut bisa saja mati karena beberapa hal, sebut saja kehabisan daya di saat sedang digunakan.

1. Sambut Perangkat Google Nexus 6 Akhir Bulan Ini 1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *