Gadget Aman Bagi Anak-anak, Tapi Harus Ada Aturannya!

By on October 12, 2015
Rachel Ross, 4, a preschooler at Burley Elementary School, uses the iPad with other students in the classroom as the class looks at pictures of classrooms in Australia on Wednesday April 27, 2011.  (William DeShazer/ Chicago Tribune) B581231575Z.1 ....OUTSIDE TRIBUNE CO.- NO MAGS,  NO SALES, NO INTERNET, NO TV, NEW YORK TIMES OUT, CHICAGO OUT, NO DIGITAL MANIPULATION...

Selama ini banyak sekali orang tua yang takut dengan dampak buruk gadget untuk perkembangan anaknya. Alhasil, mereka pun sebisa mungkin akan menjauhkan anak-anak dari gadget. Tapi sepertinya kekhawatiran ini akan segera sirna, karena Lembaga American Academy of Pediatrics menyatakan jika anak-anka sebenarnya aman dari dampak buruk gadget.

Walaupun begitu, anda tidak bisa memberikan gadget begitu saja kepada si kecil, tetap anda membutuhkan peraturan sebagai filter untuk si kecil agar mereka tidak menjadi ketergantungan dengan gadget. Peraturan tersebut bisa berupa jam khusus boleh bermain gadget, atau batasan konten yang diperbolehkan untuk dinikmati anak-anak.

Walaupun begitu, American Academy of Pediatrics menyatakan jika gadget tetap bisa dikategorikan sebagai benda berbahaya untuk anak-anak. Tapi selain dampak negatifnya, bermain gadget pun memiliki dampak positif, dari mulai menunjang tumbuh kembang si kecil, hingga sebagai pembelajaran tambah agar mereka melek teknologi.

Panduan masih di godok

Seperti dilansir dalam Nextren, pihak American Academy of Pediatrics saat ini mengaku sedang menggodok panduan ringkas bagi dokter anak dan orang tua dari mulai aturan tentang bagaimana seharusnya aturan screen Time, hingga konten apa saja yang diperbolehkan untuk dinikmati anak-anak.

kids gadget 1

Lebih lanjut lagi, American Academy of Pediatrics menyatakan jika memperhatikan kualitas konten jauh lebih penting ketimbang platform yang digunakan atau waktu yang dihabiskan dengan media tersebut. Tidak hanya itu, lembaga ini pun mengatakan jika hubungan yang dijalin lewat media Online, bisa dikategorikan sebagai bagian proses pendewasaan.

Tidak hanya itu, pembelajaran lewat gadget pun dinilai penting untuk menunjang kegiatan belajarnya di sekolah. Dengan gadget, anak-anak bisa mengetahui banyak hal tentang dunia luar, yang tidak disajikan lewat buku pelajaran. Mereka pun kini bisa mengetahui isu-isu terhangat yang terjadi di lingkungan dan dunia luar.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *