Foto Profil Facebook Terbaru Kini dapat Bergerak

By on October 3, 2015
A smartphone user shows the Facebook application on his phone in the central Bosnian town of Zenica, in this photo illustration, May 2, 2013. 
Facebook Inc's mobile advertising revenue growth gained momentum in the first three months of the year as the social network sold more ads to users on smartphones and tablets, partially offsetting higher spending which weighed on profits. REUTERS/Dado Ruvic (BOSNIA AND HERZEGOVINA - Tags: SOCIETY SCIENCE TECHNOLOGY BUSINESS)

Facebook memang dapat dikatakan sebagai media sosial online terbesar dan paling digemari di dunia. Namun, dalam hal inovasi dan keunikan, Twitter dapat dikatakan menjadi yang terdepan. Yang terbaru, Twitter melakukan perubahan yang cukup signifikan pada beberapa fitur mereka miliki. Dan, tampaknya, pihak Facebook tidak ingin kalah dengan langkah yang dilakukan Twitter ini.

Yang terbaru, Facebook meluncurkan fitur terbaru untuk profile Profile Picture penggunanya. Foto profil Facebook kini dapat menjadi lebih menarik, karena Anda dapat menggunakan gambar bergerak. Gambar bergerak yang dimaksud berupa video singkat atau gambar berformat animasi GIF.

Hadirnya fitur baru serta perubahan pada bagian foto profil ini menadpatkan respon positif dari pengguna Facebook. Perubahan ini tentu akan membuat tampilan dari akun mereka menjadi lebih menarik.

Facebook tidak hanya membuat perubahan dengan adanya fitur baru pada foto profil akun penggunanya saja. Namun, fitur ini juga dapat digunakan secara sementara. Artinya, pengguna Facebook dapat mengatur berapa lama foto profil animasi mereka terpampang di halaman akun mereka. Fitur ini mirip dengan Doodle yang ada pada Google.

Adanya fitur pengaturan waktu ini juga disampaikan oleh Aigerim Shorman dan Tony Hsieh, manajer produksi Facebook melalui blog resmi Facebook. Menurut mereka, dengan adanya kebebasan mengatur berapa lama foto profil Facebook tampil, maka pemilik akun dapat menggunakannya untuk memperingati momen-momen khusus. Misalnya, momen seperti ulang tahun, kelulusan atau ulang tahun pernikahan.

Sayangnya, fitur baru pada foto profil Facebook ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan foto berforma video. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan file berformat true GIF, layaknya berbagai animasi yang dapat Anda temukan di internet.

Fitur ini juga hanya tersedia untuk iOS, yaitu iPhone dan iPad saja. Bagi Anda pemilik gadget ini, Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan memilih bagian “More” pada halaman akun Facebook Anda. Anda akan mendapati menu untuk memasukkan file yang Anda akan gunakan untuk foto profil Anda.

Hal ini sangat disayangkan, karena banyak pengguna Facebook merupakan pengguna Smartphone atau gadget dengan OS Android. Tetapi, terdapat kemungkinan besar, bila Facebook juga akan menyediakan fitur ini untuk pengguna OS Android, dalam beberapa bulan mendatang.

Persyaratan utama file animasi atau video yang dapat Anda gunakan untuk fitur terbaru ini adalah video dengan durasi maksimal 7 detik. Mungkin terlihat durasi yang ditetapkan terlalu pendek. Namun, dengan pengambilan gambar yang kreatif, Anda dapat menciptakan foto profil animasi yang menarik.

Hal terakhir yang perlu Anda cermati adalah fitur foto profil Facebook ini, baru diterapkan selama beberapa hari. Jadi, terdapat kemungkinan bila Anda belum dapat mengakses fitur ini melalui gadget Anda. Bila hal ini terjadi, Anda dapat menyegarkan kembali halaman Facebook Anda atau menggunakan fitur bantuan dari Facebook.

Foto Profil Facebook

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *