Fitur Pembaca Dokumen Pada Laptop Untuk Pengguna Tuna Netra

By on December 31, 2013
5.Fitur Pembaca Dokumen pada Laptop untuk Pengguna Tuna Netra1

Sudah menjadi hal yang biasa ketika tuna netra menggunakan laptop seperti layaknya orang yang melihat. Memang, mereka tidak bisa melihat tombol-tombol ataupun apapun yang tertera di layar. Lalu, bagaimana mereka bisa melakukan hal ini? Perlu Anda ketahui bahwa pengguna laptop tuna netra menggunakan suara untuk mengenali dan melakukan instruksi.

Secara detail, Windows menyediakan aplikasi yang berguna untuk membaca teks atau dokumen. Apakah Anda penasaran dengan fitur pembaca dokumen pada Microsoft Word tersebut? Pada dasarnya, fitur tersebut sudah disiapkan di dalam Microsoft Words dan bisa diaplikasikan untuk MS Word 2010 ke atas.

Untuk menambahkan fungsi speak pada Microsoft Word Anda, silakan lihat ribbon terlebih dahulu. Dalam ribbon, Anda akan melihat toolbar kecil dimana Anda hanya akan melihat tombol save, undo dan redo. Sebenarnya, Anda bisa menambakan fitur apapun di toolbar yang juga disebut dengan Quick Access Toolbar ini termasuk menambahkan fitur pembaca dokumen pada Microsoft Word.

Pada awal proses ini, klik tanda panah di sebelah kanan toolbar. Setelah itu, Anda harus mengklik tombol More Commands untuk menambahkan fungsi lain di Microsoft Word Anda. Coba pilih Commands Not In The Ribbon kemudian pilih fitur speak. Jika sudah, silakan klik tombol Add yang tersedia di antara dua kolom.

Pastikan sampai proses ini, Anda sudah benar melakukannya. Jika sudah, Anda bisa langsung mengklik Okay. Tanda jika proses sudahbenar dan berhasil adalah munculnya tanda speak di Quick Access Toolbar Anda. Jika Anda ingin menguji suara tersebut, silakan arahkan kursor di kalimat yang ingin dibaca oleh fitur speak tersebut.

microsoft office 2010

Blok terlebih dahulu teks yang akan Anda pilih. Nanti, Anda akan mendengar setiap kata yang Anda blok tadi. Jika teks yang ingin Anda baca tersebut berada di Microsoft Word maka Anda tidak perlu repot-repot. Langsung saja perintahkan dengan menekan tombol ctrl + A kemudian tekan tombol fitur speak.

Sebenarnya, fitur pembaca dokumen bukan hanya speak saja. Ada pula fitur bernama narrator yang memang diperuntukkan bagi pemakai tuna netra. Berbeda dengan speak, fitur Narrator akan membaca setiap jendela yang Anda buka. ada beberapa software yang bisa digunakan, untuk mendukung kenyamanan para pengguna laptop yang memiliki kekurangan di penglihatan.

Software umum yang digunakan adalah Balabolka. Software ini mampu mengontrol kecepatan dan pitch. Selain itu, software ini juga bisa membuka beberapa file seperti doc/docx, TXT, PDF, ODT dan lainnya secara langsung. Bahkan, Anda bisa mengkonversi file MP3 sehingga Anda bisa mendengarkan dokumen di ponsel atau pemutar MP3 milik Anda. Nah, semoga informasi ini membantu Anda khususnya jika ada salah satu sahabat atau keluarga yang kesulitan melihat tombola tau layar monitor.

microsoft office 2010

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *