Fitur Menarik AMD Kaveri

By on January 20, 2014
2.Fitur Menarik AMD Kaveri1

Penggunaan komputer sudah semakin tersebar luas dan hal ini membawa dampak yang luas pula. Perusahaan teknologi saling berlomba untuk meraih perhatian pasar dengan produk yang lebih baru dan lebih canggih. Jika Anda beranggapan bahwa persaingan ini hanya terjadi di tingkat brand komputer misalnya, rupanya prosesor pun mempunyai tingkat persaingan yang cukup ketat.

Dari sekian jenis prosesor yang digunakan oleh banyak produk komputer, tidak bisa dipungkiri bahwa AMD merupakan salah satu nama yang cukup dikenal dan digunakan secara luas. Tak ingin terlena, AMD juga bekerja keras untuk menciptakan generasi prosesor paling baru. Prosesor tersebut dinamai AMD Kaveri yang baru saja dirilis di Indonesia. Nah, prosesor generasi baru dari AMD ini mempunyai beberapa fitur yang menarik.

Prosesor generasi baru ini dipastikan akan mengungguli prosesor APU AMD dari segi performa. Hal ini terjadi karena proses fabrikasi 28nm dengan penggunaan transistor hingga 2,41 miliar yang dilakukan dalam die 245 milimeter persegi. Jumlah transistor khususnya jauh lebih banyak dari APU AMD Richland atau Trinity dengan 1.303 miliar transistor dalam die 246 milimeter persegi. Ukuran boleh nyaris sama, tetapi ada beberapa fitur menarik yang membuatnya berbeda.

AMD Kaveri, prosesor, fitur AMD, komputer

Teknologi AMD Kaveri dianggap cukup menjanjikan karena jumlah komponen dan dilengkapi dengan memori kontroler Heteregoneous Unified Memory Architecture yang memperlancar hubungan CPU dan GPU. Selain itu, ada fitur pelengkap lain yang bisa ditemukan seperti Steamroller yang merupakan teknologi batu AMD. Pihak AMD mengklaim bahwa kerja tiap otak dalam CPU akan meningkat sebanyak 20%. Sisi grafis prosesor ini didukung oleh GPU Radeon dengan basis teknologi Graphics Core next (GCN) generasi kedua yang sebelumnya hanya bisa ditemukan di mid-high to high-end class.

Prosesor ini juga didukung oleh Application Programming Interface (APII AMD Mantle yang akan semakin mengoptimalkan kerja chip grafis. AMD Mantle memungkinkan pengguna untuk menikmati game berat seperti Battlefield 4. Memang kinerja CPU dan kemampuan GPU menjadi sisi yang paling menonjol dalam produk AMD Kaveri, tetapi masih ada fitur menarik lain yang bisa Anda temukan dalam prosesor ini.

True Audio yang memang mempunyai rancangan sebagai pendongkrak kualitas suara dalam dunia game merupakan salah satu fitur lain yang bisa Anda temukan pada prosesor ini. Hal ini tentu sangat memberika keuntungan mengingat para developer game sering mengalami kesulitan untuk membuat efek suara yang lebih baik dengan memasukkannya banyak suara dalam satu game. Dalam kondisi ini, terjadi peningkatan beban prosesor.

Hal tersebut sudah bukan menjadi masalah lagi dengan adanya generasi prosesor anyar dari AMD karena GPU pada prosesor ini dirancang dengan adanya jalur mengolah suara. Ada dua varian Kaveri yang sudah masuk ke pasar Indonesia, yaitu A10-7700K dan A10-7850K.

AMD Kaveri, prosesor, fitur AMD, komputer

BACA JUGA:

Teknologi Sensor CMOS ‘Bright Mode’ Untuk Menangkap Video Gerak Lambat

Headset Khusus Gaming

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *