Fitur Baru Twitter Membuat Pelanggan dan Pelaku Bisnis Semakin Intim

By on February 24, 2016
3. Fitur Baru Twitter Membuat Pelanggan dan Pelaku Bisnis Semakin Intim 1

Beberapa saat yang lalu, Twitter menghadirkan perubahan pada halaman muka mereka, dimana pengguna dapat melihat kabar terkini tanpa melakukan log in terlebih dahulu. Dan, pekan ini, media sosial ini juga menawarkan fitur baru untuk penggunanya. Fitur baru Twitter ini berupa Direct Message dan Customer Feedback.

Media sosial ini sendiri tidak hanya digunakan oleh pengguna untuk kepentingan pribadi. Akan tetapi, banyak pemilik bisnis yang juga menggunakannya untuk berhubungan dengan konsumen mereka. Bahkan menurut data, tiap bulannya, 80 persen permintaan layanan pelanggan, terjadi di media sosial Twitter. Hal inilah yang coba difasilitasi oleh Twitter dengan pembaharuan pada dua fitur tersebut.

Fitur baru yang ditampilkan oleh Twitter pada Senin, 22 Februari 2016 ini akan membuat komunikasi antara pemilik bisnis dan konsumen tidak lagi melalui Tweet. Konsumen dan pemilik bisnis dapat melakukannya melalui fitur Direct Message dan Customer Feedback baru ini.

Direct Message

Penggunaan Direct Message kini lebih mudah hanya dengan sekali klik. Pemilik bisnis atau penyedia jasa dapat menambah tautan pada Tweet yang mereka buat. Melalui tautan ini, konsumen dapat langsung mengirimkan Direct Message pada perusahaan yang menawarkan produk dengan lebih mudah dan cepat.

Fitur Baru Twitter

Customer Feedback

Fitur ini hampir sama dengan Direct Message , hanya saja perusahaan yang menawarkan produk dapat lebih mudah melakukan survei secara terstruktur. Sebelum ada fitur baru Twitter ini, pemilik bisnis hanya dapat menggunakan Tweet dan Direct Message untuk melakukan survei dan mengetahui pendapat konsumen mereka. Memang, cara ini banyak digunakan, tetapi untuk mempermudah membuat statistik dan pengelompokan, cara ini terlalu sulit dan rumit untuk digunakan.

Fitur Customer Feedback menawarkan solusi untuk pelaksanaan survei yang sangat rapi dan mendetail. Pemilik bisnis dapat memperoleh informasi mengenai berbagai aspek. Fitur ini juga dapat digunakan konsumen untuk saling berbagi dengan pengguna lain maupun pemilik produk yang ditawarkan.

Fitur Customer Feedback sendiri menggunakan dua format standar survei yang digunakan di dunia bisnis. Dua format tersebut adalah ScoreSM (NPS®) dan Customer Satisfaction (CSAT).

Fitur-fitur yang ditawarkan Twitter diatas sebenarnya sudah banyak digunakan oleh perusahaan asal Indonesia. Misalnya, @IndosatOoredoo yang menggunakan #TwitBuy untuk fasilitas Direct Message para konsumennya. Ada pula, @BNI46 dengan #AskBNI dan masih banyak lagi. Johnson & Johnson sendiri menawarkan pulsa gratis sebesar Rp. 10.000 untuk setiap pembelian Listerine.

Fitur Direct Message deep link pada Tweet sudah dapat digunakan pekan ini. Akan tetapi, untuk fitur baru Twitter lainnya, Customer Feedback, Anda masih perlu menunggu beberapa pekan lagi. Namun, adanya dua fitur ini membuat Twitter semakin nyaman digunakan untuk berbagai keperluan, selain kebutuhan komunikasi, juga untuk kebutuhan bisnis.

Fitur Baru Twitter

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *